Rabu, 21 Agustus 2019 14:48 WITA

Hakim di Meksiko Putuskan Penggunaan Narkoba Diperlonggar

Editor: Andi Chaerul Fadli
Hakim di Meksiko Putuskan Penggunaan Narkoba Diperlonggar

RAKYATKU.COM - Seorang hakim di Meksiko telah memutuskan untuk mendukung dua orang yang mengajukan izin menggunakan kokain sebagai obat hiburan.

Putusan itu merupakan yang pertama kalinya dan akan memungkinkan orang untuk memiliki, mengangkut, dan menggunakan kokain tetapi tidak menjualnya.

Namun, para pengguna tidak diizinkan untuk mengambil lebih dari 500 miligram kokain per hari dan konsumsi dilarang di tempat kerja, saat mengemudi, dan ketika mengoperasikan mesin, dikutip dari Daily Star, Rabu (21/8/2019).

Keduanya juga dilarang mengonsumsi kokain di tempat umum atau di hadapan anak-anak dan remaja.

Hakim pengadilan administratif Kota Meksiko Víctor Octavio Luna Escobedo mengatakan bahwa zat itu dapat digunakan untuk sejumlah alasan, termasuk pengurangan ketegangan.

Mexico United Against Crime (MUCD), kelompok yang menentang pelarangan narkoba, mengajukan permohonan ke pengadilan atas nama dua pengguna.

Direkturnya, Lisa María Sánchez Ortega mengatakan, kelompok itu bertujuan untuk memulai percakapan nasional tentang kebijakan narkoba Meksiko.

“Tujuan kami dengan ini dan kasus-kasus lain adalah untuk mendorong diskusi publik tentang narkoba dan memaksa reorientasi kebijakan keamanan."

Loading...

"Kasus ini harus ditinjau oleh majelis hakim yang akan memutuskan apakah putusan itu dapat diterima atau tidak."

Dia menambahkan bahwa dia yakin perdebatan tentang dampak narkoba pada masyarakat dan keputusan pengadilan pada akhirnya dapat mengarah pada dekriminalisasi mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, Meksiko perlahan-lahan menjauh dari kebijakan narkoba yang ketat.

Mahkamah Agung negara tersebut telah mengizinkan penggunaan ganja rekreasi dalam beberapa kasus individu.

Meksiko telah dirusak oleh gelombang kejahatan kekerasan sejak 2006 ketika pemerintah mengerahkan tentara untuk memerangi kartel narkoba.

Diperkirakan lebih dari 250.000 orang telah terbunuh dalam pertumpahan darah.

Bulan lalu penguasa narkoba Meksiko 'El Chapo' Guzman dijatuhi hukuman penjara seumur hidup setelah dinyatakan bersalah atas rakit pelanggaran narkoba.

Tags
Loading...
Loading...