Selasa, 20 Agustus 2019 10:01 WITA

Pembajak Matikan Alat Komunikasi, KM Mina Sejati Terus Dipepet KRI Teluk Lada

Editor: Aswad Syam
Pembajak Matikan Alat Komunikasi, KM Mina Sejati Terus Dipepet KRI Teluk Lada
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, JAKARTA -- Gelombang di Perairan Dobo, Kepulauan Aru, Maluku, masih mencapai hingga ketinggian 3 meter. KRI Teluk Lada-521 terus berusaha memepet KM Mina Sejati yang dibajak 3 anak buah kapal (ABK). 

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Zaenal menyatakan, personel kesulitan untuk melakukan negosiasi dengan pelaku. Pasalnya, radio komunikasinya dimatikan.

Saat ini, diperkirakan masih ada sekitar 15 orang di atas kapal yang disandera tiga pelaku. 

Personel KRI Teluk Lada-521 kata Zaenal, masih melakukan upaya persuasif, untuk menghindari berbagai hal buruk yang dapat terjadi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sabtu, 17 Agustus 2019, KM Mina Sejati yang menangkap cumi-cumi di perairan Dobo tersebut, dibajak oleh ABK-nya.

Loading...

Itu diinformasikan oleh Kepala Kantor Badan SAR Nasional Cabang Ambon, Muslimin. Ketiga pembajak kata Muslimin sudah diketahui identitasnya, yakni, Nurul (Masinis), Ferri, dan Qersim.

Sementara itu, Kadispen AL, Laksamana Pertama TNI AL Zaenal menyebutkan, yang terjadi bukan pembajakan, melainkan perkelahian dengan menggunakan senjata tajam.

Dipicu persoalan internal, 3 ABK mengamuk di atas kapal berpenumpang 36 orang yang dinakhodai Ko Awi itu, pada Sabtu petang. Sembilan orang ketakutan lalu terjun ke laut. Dua di antaranya tewas tenggelam. Tujuh lainnya ditolong oleh ABK KM Gemilang yang kebetulan lewat di sana.

Sementara itu, di atas kapal, ada tiga orang yang dikabarkan tewas akibat perkelahian menggunakan senjata tajam tersebut.

Loading...
Loading...