Selasa, 20 Agustus 2019 07:00 WITA

Paksa Lakukan Hal Tak Terbayangkan, Begini Latihan Nyetir Pelindung Donald Trump

Editor: Nur Hidayat Said
Paksa Lakukan Hal Tak Terbayangkan, Begini Latihan Nyetir Pelindung Donald Trump
Foto: VN Express.

RAKYATKU.COM, MARYLAND - Pengawal Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, wajib punya berbagai keterampilan. Salah satunya adalah keterampilan mengemudi yang luar biasa.

Selain menembak dan pertolongan pertama, berlatih mengemudi merupakan salah satu pelatihan ekstensif yang harus diikuti oleh agen Secret Service. 

Latihan mengemudi bagi pengawal Donald Trump biasanya dilakukan di trek sejauh 550 meter di Maryland. Mengutip VOA, pelatihan mengemudi yang diterima pengawal sudah melebihi dari defensive driving. 

Salah satu teknik yang harus dikuasai agen Secret Service adalah J-turn. Pengemudi menjadikan mobilnya berputar 180 derajat dan langsung tancap gas.

Mereka menyebut cara mengemudi yang tangkas itu sebagai "protective driving" dengan satu tujuan. "Membawa penumpang (yakni Presiden AS) keluar dari kill zone menuju area yang aman," ujar Thomas Murach, seorang asisten agen khusus Secret Service.

Pelatihan biasanya berlangsung selama 5 hari. Meskipun sudah menyelesaikan pelatihan, personel Secret Service belum tentu bisa langsung mengemudi The Beast, limosin pembawa presiden AS.

Pengemudi The Beast wajib mengikuti lagi pelatihan yang berbeda, pelatihan tambahan selama 5 hari yang dikenal sebagai Protective Operations Driving Course. Menurut Murach hanya 60 persen peserta yang lulus pelatihan ini.

Loading...

"Jika seorang agen tidak lulus tes lanjutan ini, mereka bisa kembali bekerja normal dan mencoba mengikuti tes lain kali," ujar Secret Service Public Affairs Specialist Julia McMurray.

"Namun mereka hanya bisa mencoba beberapa kali saja," ujar McMurray.

Tes lain yang tak kalah menantang adalah mengendarai motor pengawal yang bobotnya bisa mencapai 400 kilogram. "Dan mereka (pelatih) memaksa Anda melakukan hal-hal yang tidak pernah Anda bayangkan," ujar Secret Service Technical Office Lloyd Llamas mendeskripsikan latihan berat yang diterima para agen.

Pelatihan mengemudi ini harus diikuti para agen karena mereka tidak hanya melindungi presiden dan wakil presiden AS, tetapi juga anggota keluarga, dan juga mantan presiden dan ibu negara. 

Selain itu, Secret Service juga melindungi para pejabat luar negeri dan calon presiden AS.

Loading...
Loading...