Senin, 19 Agustus 2019 14:26 WITA

Ratusan Penyakit Paruparu Misterius Diduga Akibat Vaping

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ratusan Penyakit Paruparu Misterius Diduga Akibat Vaping

RAKYATKU.COM - Pejabat kesehatan di 14 negara bagian dan federal di Amerika Serikat sedang menyelidiki hampir 100 kasus penyakit paru-paru misterius terkait dengan penggunaan vaping dan rokok elektrik. Penyakit misterius ini melibatkan remaja dan dewasa.

Sejumlah besar dari mereka yang sakit telah dirawat di rumah sakit, dengan beberapa dalam perawatan intensif dan menggunakan ventilator, dikutip dari Washington Post

Setidaknya 31 kasus telah dikonfirmasi pada hari Jumat, kata pejabat negara, dan puluhan lainnya sedang diselidiki. Otoritas medis setempat mengatakan tidak jelas apakah pasien akan pulih sepenuhnya.

Para pejabat memperingatkan dokter dan masyarakat agar waspada terhadap apa yang mereka gambarkan sebagai cedera paru-paru yang parah dan berpotensi berbahaya. Gejalanya meliputi kesulitan bernapas, sesak napas, atau nyeri dada sebelum dirawat di rumah sakit.

Pejabat kesehatan mengatakan pasien juga melaporkan demam, batuk, muntah dan diare.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan bahwa para pejabat bekerja dengan departemen kesehatan di setidaknya lima negara bagian untuk menentukan penyebab kondisi tersebut setelah penyakit paru terkait untuk penggunaan e-rokok dilaporkan di kalangan remaja dan dewasa muda dalam beberapa pekan terakhir.

Loading...

Dalam panggilan Jumat dengan otoritas kesehatan negara, pejabat CDC mengatakan mereka menyelidiki 94 kemungkinan kasus di 14 negara.

Hingga saat ini, tidak ada bukti yang konsisten bahwa penyakit menular adalah penyebabnya, kata juru bicara CDC Kathy Harben. 

Sementara beberapa kasus tampak serupa, para pejabat mengatakan mereka tidak tahu apakah penyakit itu terkait dengan perangkat e-rokok itu sendiri, atau dengan bahan atau kontaminan tertentu yang dihirup melalui mereka.

Para pejabat kesehatan mengatakan pasien telah menggambarkan vaping berbagai zat, termasuk nikotin, produk berbasis ganja dan "brews rumah" buatan sendiri.

Tags
Loading...
Loading...