Minggu, 18 Agustus 2019 20:16 WITA

Pengakuan Pasangan Pengantin yang Gelar Upacara di Lokasi Resepsi Sebelum Ijab Kabul

Editor: Abu Asyraf
Pengakuan Pasangan Pengantin yang Gelar Upacara di Lokasi Resepsi Sebelum Ijab Kabul
Sepasang pengantin menggelar upacara HUT RI sebelum ijab kabul.

RAKYATKU.COM - Sekurangnya dua pasangan menikah bertepatan HUT ke-74 RI, Sabtu (17/8/2019). Uniknya, sepasang di antaranya menggelar upacara di lokasi resepsi.

Upacara itu dilakukan pasangan Tyas Atikah (24) dan Akhmad Muiz Maulana (22). Upacara HUT RI dilakukan di kediaman mempelai perempuan di Desa Kambangsari, Kecamatan Alian, Kebumen, Jawa Tengah.

Prosesi pernikahan unik ini menjadi viral di media sosial. Upacara digelar sebelum akad nikah. Pasangan pengantin bertindak sebagai pengerek bendera.

Kerabat lainnya menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti para tamu. Tak berbeda di acara resmi, upacara di tempat ini juga berlangsung khidmat.

Tampil sebagai pembina upacara adalah ayah dari mempelai laki-laki yakni Sutrisno. Sementara pemimpin upacara ayah dari mempelai perempuan yakni Susiyanto.

Upacara ini juga diisi pembacaan teks Pancasila, UUD 1945, hingga teks proklamasi. 

"Selain acara pribadi juga mewujudkan rasa nasionalisme terhadap negara dan bangsa itu tetap ada," kata Muiz, Minggu (18/8/2019) seperti dikutip dari Detikcom.

Tyas menambahkan, ide untuk melaksanakan upacara itu berasal dari ayahnya.

Loading...

"Memang direncanakan dari tiga bulan yang lalu kita ingin menikah di tanggal 17 Agustus bertepatan dengan HUT RI sekalian upacara bendera," ujar Tyas.

Setelah upacara usai, akad nikah pun kemudian langsung digelar. Dengan mahar seperangkat alat salat, Tyas pun telah sah dipersunting oleh lelaki yang ia kenal sejak empat bulan lalu itu. 

"Sama-sama deg-degan sih pas mengibarkan bendera sama pas ijab kabul. Alhamdulillah lancar," lanjut dia.

Dua Sejoli di Banjarmasin

Terpisah, momen HUT RI juga dimanfaatkan pasangan Eca dan Lana. Mereka melangsungkan pernikahan di tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia di Masjid Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
 
"Karena hari libur dan momennya pas agar gampang diingat karena tiap tahun kan merayakan," ucap Lana seperti dikutip dari Beritabanjarmasin.com.

Pengakuan Pasangan Pengantin yang Gelar Upacara di Lokasi Resepsi Sebelum Ijab Kabul

Loading...
Loading...