Minggu, 18 Agustus 2019 08:16 WITA

Peserta Gerak Jalan Indah Bawa Bendera Hitam Hebohkan Warganet

Penulis: Rahmatullah
Editor: Nur Hidayat Said
Peserta Gerak Jalan Indah Bawa Bendera Hitam Hebohkan Warganet
Foto peserta gerak jalan indah mengenakan pakaian hitam seragam syar'i dengan membawa tiga bendera jadi perbincangan.

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Lomba gerak jalan indah memperingati ulang tahun ke-74 kemerdekaan Indonesia di Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, menjadi buah bibir kalangan warganet.

Foto peserta gerak jalan indah mengenakan pakaian hitam seragam syar'i dengan membawa tiga bendera jadi perbincangan.

Tiga bendera yang dibawa yaitu, bendera merah putih, bendera negara Palestina, dan \bendera berwarna hitam bertulis kalimat tauhid di tengahnya.

Pada unggahan yang beredar, peserta lomba gerak jalan tersebut adalah pelajar sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) Palampang, Kecamatan Rilau Ale.

Sontak unggahan tersebut mengundang banyak komentar. Ada yang setuju dengan hal itu karena dianggap sebagai hal yang baik, namun ada pula yang kontra karena dianggap menggunakan lambang yang serupa dengan bendera milik HTI.

Loading...

Panitia lomba yang juga sebagai Ketua Panitia HUT RI, Alamsyah Yunus membenarkan adanya peserta gerak jalan indah mengenakan pakaian hitam syar'i sesuai foto yang beredar. Ia juga mengakui, mereka adalah pelajar dari MAM Muhammadiyah Palampang, Kecamatan Rilau Ale.

"Iya benar, mereka adalah adik-adik kita dari MAM Muhammadiyah Palampang. Kami telah melakukan kunjungan ke pihak kepala sekolah mengenai masalah ini. Untuk mengetahui motif dan alasan adik-adik kita membawa bendera itu," ujarnya, Sabtu (17/8/2019).

Lebih lanjut, Alam mengaku pihak Kepolisan Sektor Bulukumba, pemerintah kecamatan, dan juga Koramil Rilau Ale telah berkoordinasi dengan pelajar tersebut. Utamanya menemui pelajar yang memegang bendera saat gerak jalan indah.

"Hasilnya, tidak ada masalah. Adik-adik kita ini mengaku berkreasi. Kalau mengenakan pakaian syar'i itu saya rasa tak masalah. Mengenai benderanya mereka mengaku hanya sebagai kreasi tambahan. Mereka juga tidak tahu menahu jika mengenai hal tersebut," tuturnya.

Loading...
Loading...