Sabtu, 17 Agustus 2019 20:42 WITA

Upacara Terpisah dengan Bupati, Ini Pesan Penting Sekda Gowa

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Abu Asyraf
Upacara Terpisah dengan Bupati, Ini Pesan Penting Sekda Gowa
Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis menjadi inspektur upacara HUT RI di halaman kantor bupati, Sabtu (17/8/2019).

RAKYATKU.COM,GOWA - Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis menjadi inspektur upacara HUT RI di halaman kantor bupati, Sabtu (17/8/2019). Dia berpisah dengan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang jadi irup di kampus IPDN.

Dalam amanatnya, Muchlis mengutip pernyataan Presiden RI Joko Widodo bahwa prioritas utama Indonesia ke depan adalah pembangunan sumber daya manusia sebagai prasyarat mutlak meningkatkan daya saing bangsa.

"Dengan sumber daya manusia unggul, Indonesia diharapkan semakin diperhitungkan. Ke depan diharapkan Indonesia bisa semakin mampu dalam bersaing dengan negara-negara lainnya," katanya.

Dia juga mengatakan, peringatan HUT RI bukanlah rutinitas seremonial belaka, tetapi di dalamnya mengandung makna dan hakikat yang lebih dalam.

Upacara Terpisah dengan Bupati, Ini Pesan Penting Sekda Gowa

Peringatan ini menjadi momentum kilas balik sajarah perjalanan bangsa ini.

loading...

"Indonesia merupakan masyarakat multikultural atau majemuk. Kemajemukan ini dapat menjadi kekuatan yang dahsyat jika mampu menjaganya dengan baik, namun akan menjadi bencana jika kita salah menyikapinya," kata Sekda.

"Olehnya itu saya mengajak kita semua untuk kembali kepada nilai budaya luhur kita di Sulawesi Selatan yakni sipakalebbi, sipakainga, sipappaccei, sipakatau yang dilandasi agama, moral, serta etika," lanjut Muchlis.

Tak hanya itu, dengan semangat proklamasi hari ini mempersatukan tekad dan semua potensi yang dimiliki. 

Paradigma pembangunan yang bersifat konsumtif juga harus diubah menjadi lebih produktif. Dimulai dari pelosok dan terpencil dengan meningkatkan infrastruktur, produktivitas, sumber daya manusia dengan memanfaatkan ilmu teknologi dan digerakkan dengan mental yang kreatif, inovatif, dan gigih.

"Cara inilah yang akan kita gunakan. Kita optimistis sejumlah program yang akan dijalankan akan berdampak pada peningkatan ekonomi termasuk infrastruktur yang nyaman bagi masyarakat," jelas Muchlis.
 

Loading...
Loading...