Minggu, 18 Agustus 2019 01:00 WITA

Game Virtual Reality Bisa Redam Rasa Sakit

Editor: Andi Chaerul Fadli
Game Virtual Reality Bisa Redam Rasa Sakit

RAKYATKU.COM - Bermain game virtual reality atau bersantai di dunia maya dapat membantu meringankan rasa sakit atau nyeri dari penyakit kronis, terutama ketika gejalanya parah. Hal itu diketahui dari penelitian terhadap 120 pasien di rumah sakit.

Mereka diminta menilai rasa sakit mereka setidaknya 3 dari 10 selama 24 jam sebelumnya, dikutip dari Asia One, Minggu (18/8/2019).

Setengah dari pasien dipilih secara acak untuk menggunakan perangkat virtual reality tiga kali sehari selama 48 jam berikutnya. Separuh lainnya bertugas sebagai kelompok kontrol dan disuruh menonton program kesehatan dan kesejahteraan di televisi di kamar mereka yang mencakup relaksasi, pembacaan puisi, dan diskusi topik kesehatan.

Dengan virtual reality (VR), pasien melaporkan penurunan rata-rata skor nyeri 1,72 poin, dibandingkan dengan penurunan rata-rata 0,46 poin untuk kelompok kontrol.

"Kami menemukan bahwa VR membantu mengurangi rasa sakit di berbagai jenis rasa sakit -gastrointestinal, kanker, ortopedi, neurologis, dll - dan bahwa itu mengurangi rasa sakit paling banyak pada orang dengan rasa sakit yang paling parah," kata penulis utama penelitian ini, Dr Brennan Spiegel.

Nilai nyeri 0 mewakili tidak ada rasa sakit sama sekali dan skor 10 mewakili rasa sakit terburuk yang bisa dibayangkan.

Loading...

Di antara orang-orang yang awalnya menilai rasa sakit mereka setidaknya 7 dari 10, pengurangan skor nyeri rata-rata adalah 3,04 poin dengan VR dibandingkan dengan 0,93 pada kelompok kontrol.

Sementara percobaan tidak dirancang untuk menguji bagaimana VR membantu meringankan rasa sakit, itu mungkin bekerja dalam beberapa cara, kata Spiegel.

"Ini menciptakan ilusi percepatan waktu, secara efektif mempersingkat panjang episode nyeri," kata Spiegel. "Dan itu menggigit sinyal di tunas pada asal mereka, menghalangi rasa sakit dari mencapai otak."

Teknologi realitas virtual telah ada selama beberapa dekade, pertama kali menjadi terkenal ketika militer menggunakannya untuk simulator penerbangan. 

Loading...
Loading...