Sabtu, 17 Agustus 2019 06:22 WITA

Begini Detik-detik KM Izhar Terbakar dan Penumpang Panik Terjun ke Laut

Editor: Aswad Syam
Begini Detik-detik KM Izhar Terbakar dan Penumpang Panik Terjun ke Laut
KM Izhar tebakar. (Foto: Inilahsultra)

RAKYATKU.COM, KENDARI - Api terus berkobar dari arah belakang Kapal Motor (KM) Izhar, Sabtu dini hari, 17 Agustus 2019. Para penumpang kapal rute Kendari (Sultra)-Sala Bangka (Sulteng) itu, berlarian dilanda kepanikan. 

Mereka memekikkan, "Allahu Akbar". Sebagian berteriak minta tolong. Di saat api terus membesar, para penumpang kemudian berlomba-lomba melompat ke laut.

Beberapa berhasil diselamatkan oleh nelayan dan petugas kepolisian yang tiba di lokasi, di sekitar perairan Pulau Bokori, Konawe, Sultra.

Seorang warga Pulau Bokori, Kina, melihat kebakaran itu di tengah laut. Dia lalu menghubungi kerabatnya di Kendari dengan live Facebook, meminta tolong untuk mengontak Basarnas.

Loading...

Polisi yang tiba di lokasi kemudian mengerahkan perahu nelayan untuk melakukan evakuasi. Termasuk Kepala Desa Tapulaga, Sultra, Marhaban.

Menurut Marhaban, ada sekitar 40 penumpang yang berhasil dievakuasi, termasuk 3 yang tewas. Terdiri atas seorang ibu, dan dua bocah, masing-masing bocah laki-laki berusia 5 tahun dan bocah perempuan berusia 1 tahun.

Marhaban memperkirakan ada sekitar 200 penumpang di atas kapal. Menurutnya, masih ada yang terjebak di lambung kapal. Itu berdasarkan penuturan dari kerabat para penumpang yang berkumpul di pinggir pantai.

Loading...
Loading...