Kamis, 15 Agustus 2019 07:30 WITA

Ini Doa dari Rasulullah Agar Terhindar dari Segala Bahaya

Editor: Abu Asyraf
Ini Doa dari Rasulullah Agar Terhindar dari Segala Bahaya
Salah kecelakaan terparah yang melibatkan anak bupati.

RAKYATKU.COM - Belakangan ini, banyak terjadi kecelakaan maut. Terbaru, calon pengantin perempuan tewas tertabrak mobil di Pattallassang.

Agar terhindar dari bahaya atau musibah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah mengajarkan zikir pagi dan petang.

Zikir pagi diamalkan karena akan membuat kita lebih semangat di pagi hari dan dimudahkan Allah dalam segala urusan.

Zikir pagi dibaca saat masuk waktu subuh hingga matahari terbit. Namun boleh juga dibaca sampai matahari akan bergeser ke barat atau hingga mendekati waktu zuhur, bila ketinggalan membacanya.

Sementara zikir petang dibaca antara asar dan magrib. Namun, bisa dibaca setelahnya bisa terlupa atau ketinggalan membacanya pada waktu-waktu tersebut.

Loading...

Di antara rangkaian bacaan zikir pagi dan petang, satu di antaranya seharusnya menjadi zikir wajib bagi orang-orang yang beraktivitas di luar rumah.

Zikir itu berbunyi, "Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim."

Artinya, "Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." 

Barangsiapa yang mengucapkan zikir tersebut sebanyak tiga kali di pagi hari dan tiga kali di petang hari, maka tidak akan ada bahaya yang tiba-tiba memudaratkannya. (HR. Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan)
 

Loading...
Loading...