Rabu, 14 Agustus 2019 17:42 WITA

Turunkan Tower 15 Meter di Jeneponto, Dua Pemanjat Tewas Terjatuh

Penulis: Zul Lallo
Editor: Aswad Syam
Turunkan Tower 15 Meter di Jeneponto, Dua Pemanjat Tewas Terjatuh
Unit Tanah dan Bangunan (Tahbang) bersama Unit Identifikasi, Polsek Bangkala, mendatangi TKP kecelakaan kerja yang di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto. 

RAKYATKU.COM, JENEPONTO -- Muh Kasbi (25) bersama temannya, Sulaeman (24), tewas terjatuh dari tower setinggi 15 meter di Jeneponto. Keduanya adalah pekerja perusahaan PT. Arta Mega Indo. 

Rabu, 14 Agustus 2019. Pagi itu, sekitar pukul 09.30 Wita. Lima karyawan Perusahaan PT Arta Mega Indo, sementara menurunkan atau merobohkan tiang tower yang panjangnya sekitar 15 meter.

Tiang tower tersebut diturunkan karena tidak bisa dioperasikan sebagai pendeteksi angin atau udara. Kedua korban tersebut ada di antara lima orang itu. 

Dia memanjat tower dengan menggunakan body harnes (tali pengaman atau pelindung pekerja, yang menempel dari tubuh ke tiang tower tersebut. 

Tiang tower tersebut diikat dari tanah (Labram Bas Plat) sebanyak 3 ikatan yang terbuat dari besi. Salah satu dari pekerja perusahaan PT Arta Indo, berada di bawah tiang tower, bernama Hasanuddin, dan Syahril.

Mereka berkoordinasi dengan kedua korban yang berada di atas tiang tower, untuk melepaskan tali pengikat besi dari tanah ke atas tiang tower. Hasanuddin mengawasi Syahril yang melepas tali besi tiang tower yang mengikat dari tanah ke tiang tower tersebut.

Loading...

"Setelah tali tiang tower tersebut dilepaskan, tiba-tiba tiang tower roboh dan jatuh ke tanah. Setelah dicek dua korban terjatuh dan masih hidup, namun sudah tak sadarkan diri. Sehingga rekan pekerja yakni Hasanuddin langsung membawa ke Puskesmas Bangkala dengan menggunakan sebuah mobil jenis pikap," ujar Kapolsek Bangkala Iptu Bachtiar.

Menurut Iptu Bachtiar, pihaknya sudah melakukan penanganan di TKP. Dan pemeriksaan saksi-saksi. Selain itu, jenazah korban sudah dijemput pihak keluarganya untuk dibawa ke Kabupaten Maros.

Unit Tanah dan Bangunan (Tahbang) bersama Unit Identifikasi, Polsek Bangkala, mendatangi TKP kecelakaan kerja yang di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto. 

Kasubag Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul mengatakan Korban meninggal, Muh Kasbi (25) bersama temannya, Sulaeman (24). Keduanya pekerja perusahaan PT. Arta Mega Indo. 

"Muh Kasbi (25) Warga Lingkungan Betang, Kecamatan Baru, Kabupaten Maros. Dan Sulaeman (24) Warga BTN H Banca, Kabupaten Maros. Kedua orang ini bekerja di perusahaan PT Arta Mega Indo," kata Syahrul

Loading...
Loading...