Selasa, 13 Agustus 2019 18:11 WITA

Berdasarkan Hasil Tes Ini, TNI Pertahankan Enzo Allie sebagai Taruna Akmil

Editor: Abu Asyraf
Berdasarkan Hasil Tes Ini, TNI Pertahankan Enzo Allie sebagai Taruna Akmil
Enzo Zenz Allie

RAKYATKU.COM - TNI Angkata Darat memutuskan mempertahankan Enzo Zenz Allie sebagai taruna Akademi Militer (Akmil).

Enzo Zenz Allie sempat dikait-kaitkan dengan organisasi terlarang, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Namun, belakangan TNI tetap mempertahankannya.

Sebelumnya, sempat beredar foto diduga Enzo memegang bendera tauhid. Selain itu, beredar pula screenshot posting-an ibu Enzo. 

Warganet menganggap posting-an ibu Enzo berisi fitnah kepada pemerintah dan berbau dukungan terhadap organisasi yang dilarang di Indonesia, HTI.

Namun, Kepala Staf TNI AD (KSAD), Jenderal Andika Perkasa menegaskan bahwa Enzo tetap dipertahankan.

Dia mengatakan, sejak awal TNI tidak ragu dengan 364 orang taruna Akmil yang telah diterima. Seluruhnya telah memenuhi standar sesuai alat pengukuran yang diterapkan.

Loading...

Enzo diketahui lolos melewati sejumlah ujian, mulai dari akademik, kesehatan jasmani, psikologi, maupun mental. 

"Tapi karena kemudian ada info tambahan tentang salah satu taruna kami yaitu, Enzo Zenz Allie, maka kami pun berusaha untuk, oke, kami ingin terbuka, membuka diri," kata Andika dalam jumpa pers di Mabesad, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019). 

Andika membeberkan pengukuran yang berlangsung 10-11 Agustus 2019. Salah satu yang diukur adalah indeks moderasi beragama. Enzo mendapat nilai 5,9 dari nilai maksimal 7.

"Indeks moderasi beragamanya cukup bagus. Oleh karena itu, kami Angkatan Darat memutuskan untuk mempertahankan Enzo dan semua taruna-taruna militer yang kami terima beberapa waktu lalu," ungkapnya. 

Loading...
Loading...