Selasa, 13 Agustus 2019 16:02 WITA

Gigi Palsu Kakek Tersangkut di Tenggorokan Selama Operasi, Dokter Baru Lihat 8 Hari Kemudian

Editor: Aswad Syam
Gigi Palsu Kakek Tersangkut di Tenggorokan Selama Operasi, Dokter Baru Lihat 8 Hari Kemudian
Gigi palsu tersangkut di leher pasien lanjut usia.

RAKYATKU.COM, INGGRIS - Menurut laporan kasus yang baru-baru ini diterbitkan di British Medical Journal, seorang pria berusia 72 tahun, menjalani operasi kecil untuk menghilangkan benjolan di dinding perutnya. 

Namun, dilaporkan bahwa staf medis gagal mencabut gigi palsu sebelum prosedur dimulai.

Baru enam hari setelah operasi, pria itu pergi ke ruang gawat darurat rumah sakit, dengan mengeluhkan darah di mulutnya bersama dengan kesulitan bernapas dan menelan. Itu membuatnya tidak dapat makan makanan padat. 

Para dokter tidak dapat menentukan apa yang menyebabkan gejala-gejala ini, dan mengirimnya pulang setelah meresepkan obat kumur, antibiotik, dan steroid.

Namun, pria itu kembali ke rumah sakit 2 hari kemudian, setelah kondisinya memburuk dan dirawat setelah dokter mencurigai pneumonia aspirasi parah. 

Setelah melakukan endoskopi yang fleksibel, dokter menemukan "benda setengah lingkaran logam" di atas pita suaranya yang menghalangi pandangan mereka.

Loading...

Setelah dokter mengungkapkan apa yang mereka temukan, pasien menyebutkan, bahwa ia telah kehilangan gigi palsu setelah menjalani operasi kecil 8 hari sebelumnya. 

Rontgen lehernya kemudian memastikan bahwa gigi palsu pria itu tersangkut di tenggorokannya.

Pria itu kemudian segera menjalani operasi darurat untuk menghilangkan gigi palsu. Dia kemudian dipulangkan dari rumah sakit 6 hari kemudian. Sementara lelaki itu kembali ke rumah sakit karena komplikasi setelah operasi, ia akhirnya sembuh total.

Penulis laporan kasus menunjukkan, bahwa tidak ada pedoman yang ditetapkan tentang bagaimana gigi palsu harus dikelola selama anestesi dan mendesak profesional medis untuk mendokumentasikan, apakah pasien memiliki prosthetics gigi sebelum dan sesudah prosedur apa pun.

Loading...
Loading...