Senin, 12 Agustus 2019 22:34 WITA

Bupati Gowa Serahkan Nota Keuangan APBD-P 2019

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Nur Hidayat Said
Bupati Gowa Serahkan Nota Keuangan APBD-P 2019
Penyerahan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019.

RAKYATKU.COM, GOWA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyerahkan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019.

Penyerahan ini berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Gowa dan diterima oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Halim Halim, Senin (12/8/2019).

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara kesepakatan bersama antara pemerintah Gowa dan unsur pimpinan DPRD terkait Raperda Perubahan Tahun Anggaran 2019.

Adnan menjelaskan, rancangan perubahan APBD ini telah didahului dengan pembahasan kebijakan umum, perubahan anggaran dan prioritas plafon anggaran perubahan pada tahun anggaran 2019 oleh tim anggaran pemerintah daerah dengan badan anggaran (Banggar) DPRD.

Loading...

"Perubahan ini disusun dalam rangka penyempurnaan dan penyesuaian terhadap beberapa nilai pendapatan termasuk nilai belanja, pembiayaan daerah dan sisa lebih perhitungan APBD Tahun 2018 lalu," katanya.

Dalam penyusunan perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 didasarkan pada kebijakan daerah yang disesuaikan pada kondisi dan situasi perkembangan saat ini. Namun tetap mengacu kepada rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2019.

"Jadi Kebijakan khusus ini diarahkan pada penambahan belanja yang bersifat strategis dan mendesak, serta pergeseran belanja karena adanya keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit kerja, antar kegiatan, antar rekening dan antar jenis belanja, juga diikuti oleh penambahan belanja yang sifatnya berhadapan dengan pendapatannya secara langsung," jelasnya.

Loading...
Loading...