Rabu, 07 Agustus 2019 11:14 WITA

Kemarau Panjang, Sumber Air di Takalar Mulai Mengering

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Andi Chaerul Fadli
Kemarau Panjang, Sumber Air di Takalar Mulai Mengering

RAKYATKU.COM, TAKALAR - Dampak kekeringan yang terjadi tahun ini membuat ribuan kepala keluarga di 6 dusun di Desa Bontomanai, Kecamatan Mangarabombang sulit mendapatkan air bersih.

Beberapa sumur milik warga yang biasanya menjadi sumber air untuk keperluan sehari-hari warga sudah mengering. Untungnya, masih ada satu sumur yang masih memiliki air yang bisa digunakan warga sekitar.

Warga Desa Bontomanai Daeng Raja mengakui, beberapa sumur yang biasa ia gunakan, kini telah mengering. Dan kini, hanya tersisa satu sumur yang memiliki air. Namun volume air di sumur tersebut juga sudah mulai menipis.

"Sejak bulan Mei kemarin, beberapa sumur disini sudah kering akibat kemarau. Itupun sumur yang masih aktif hingga saat ini juga sudah mulai menipis airnya. Jadi warga terpaksa berjalan kaki sejauh puluhan kilo untuk mengambil air bersih di sini," katanya, Rabu (7/8/2019).

Para warga rela mengantri hingga malam hari demi mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Mata pencaharian warga desa Bontomanai yang didominasi oleh petani dan peternak, juga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pekerjaannya tersebut.

Warga yang ingin mengambil air bersih, harus datang berulang kali ke sumur tersebut dengan membawa ember dan jerigen dan akan dibawa ke rumahnya masing-masing. 

Loading...

"Biasanya ada warga yang harus menunggu hingga malam supaya bisa dapat air," tambah Daeng Raja.

Dia mengaku, kekeringan yang terjadi pada tahun ini merupakan terparah yang terjadi pada kurun waktu tiga bulan terkahir. Dan belum adanya bantuan pemerintah air bersih yang merata atas kekeringan tersebut.

Tidak adanya mesin pompa air di daerah tersebut juga dikeluhkan warga. Warga terpaksa berjalan kaki dan menimba air di sumur tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Dia berharap, adanya bantuan dari pemerintah setempat untuk distribusi air bersih yang merata di desa tersebut.

Tags
Loading...
Loading...