Rabu, 07 Agustus 2019 09:57 WITA

Ikan Besar dari Amazon Ditemukan Mati di Danau Sabah

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ikan Besar dari Amazon Ditemukan Mati di Danau Sabah

RAKYATKU.COM - Seekor ikan besar dengan berat lebih dari 100 kilogram ditemukan mengambang di sebuah danau di negara bagian Sabah, Malaysia. Ikan itu, yang ditemukan di danau Tun Fuad Stephens di ibu kota Sabah, Kota Kinabalu, menimbulkan kegembiraan di kalangan masyarakat dan pemancing.

Ikan 108kg berukuran sekitar 2,4 m panjangnya, diidentifikasi sebagai Arapaima, yang berasal dari Sungai Amazon. Ditemukan oleh pelari sekitar pukul 6.30 pagi kemarin, dikutip dari Asia One, Rabu (7/8/2019).

Sebuah foto ikan, yang beredar luas di media sosial, menggelitik minat penduduk setempat bertanya apakah danau yang dulu dilindungi sekarang terbuka untuk memancing.

Walikota Nordin Siman mengatakan taman itu masih di bawah manajemen Balai Kota dan tidak ada yang diizinkan memancing di danau.

"Ikan itu sudah mati ketika jogging melihatnya, dan kami mengirim orang untuk memeriksanya," katanya.

loading...

Dia menambahkan bahwa pejabat dari Departemen Perikanan dan tim peneliti Sabah Universiti Malaysia akan mencari tahu penyebab kematian ikan itu.

Untuk saat ini, mereka percaya itu bisa karena usia tua.

Ditanya bagaimana seekor ikan dari spesies yang berasal dari Amazon berakhir di danau, Datuk Nordin mengatakan bahwa seorang pemulia ikan mungkin telah melepaskannya di sana bertahun-tahun yang lalu karena orang tersebut tidak dapat lagi merawatnya.

Loading...
Loading...