Selasa, 06 Agustus 2019 19:45 WITA

Bisa Seimbangkan Tubuh Manusia, Ilmuan Jepang Ciptakan Robot Ekor

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bisa Seimbangkan Tubuh Manusia, Ilmuan Jepang Ciptakan Robot Ekor

RAKYATKU.COM - Ilmuan di Jepang menciptakan robot ekor yang dapat menyeimbangkan tubuh manusia sebagai pengganti tongkat untuk membantu mencegah orang tua jatuh.

Robot dengan nama Arque ini telah dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Keio di Jepang, dikutip dari Mirror Online, Selasa (6/8/2019).

Robot ini terinspirasi oleh ekor kuda laut, yang cukup kuat untuk menahan gigitan predator tetapi cukup fleksibel untuk menggenggam benda-benda di lingkungannya, seperti karang.

Ekor dapat disesuaikan agar pas dengan siapa pun yang memakainya dengan menambahkan atau menghapus "vertebra" modular, Fast Company melaporkan .

Bobot kecil juga dapat dimasukkan ke dalam setiap tulang belakang untuk membantu mengimbangi berat badan pemakai.

Ini membantu pemakainya untuk tetap seimbang ketika bergerak cepat atau membawa benda berat, menurut para peneliti.

Setelah ekor Arque disesuaikan dengan tinggi dan berat si pemakai, ia bertindak seperti penyeimbang.

Otot-otot buatan di dalam ekor robot mengendalikan pergerakannya dengan berkontraksi dan meluas menggunakan sistem udara bertekanan eksternal yang menyerupai mesin pemotong rumput atau kekosongan raksasa.

Loading...

Karena ekor prototipe harus tetap tertambat ke sistem ini, pemakainya tidak dapat bergerak sangat jauh menggunakannya.

Namun, jika para peneliti menemukan cara untuk membuatnya mobile, itu bisa bertindak sebagai dukungan untuk pekerja yang harus membawa beban berat, atau sebagai alat bantu bagi orang-orang yang kesulitan menyeimbangkan.

Itu juga bisa digunakan dalam game untuk membuat pengguna tidak seimbang, membuat game terasa lebih realistis.

"Bagi sebagian besar mamalia dan hewan vertebrata, ekor memainkan peran penting bagi tubuh mereka yang menyediakan fungsi varian untuk memperluas mobilitas mereka, atau sebagai anggota tubuh yang memungkinkan manipulasi dan mencengkeram," kata Yamen Saraiji, Asisten Senior Proyek di Keio University Graduate School of Desain Media.

"Dalam karya ini, Arque, kami mengusulkan ekor antropomorfik yang diilhami oleh biomimikri untuk memungkinkan kita mengubah momentum tubuh kita untuk aplikasi bantuan, dan umpan balik haptic."

Ekornya dipresentasikan minggu lalu di  konferensi SIGGRAPH 2019 di Los Angeles , yang berfokus pada grafis, permainan, dan teknologi yang muncul.

Tags
Loading...
Loading...