Senin, 05 Agustus 2019 10:41 WITA

Hanya Butuh 30 Menit, Menopause Dapat Ditunda hingga 20 Tahun

Editor: Aswad Syam
Hanya Butuh 30 Menit, Menopause Dapat Ditunda hingga 20 Tahun
Dixie-Louise Dexter, salah satu yang menjalani prosedur pencangkokan ovarium untuk menunda menopausenya.

RAKYATKU.COM, INGGRIS - Kehidupan ribuan wanita bisa berubah. Itu setelah dokter membuat terobosan medis dalam menunda menopause hingga 20 tahun. 

Prosedur revolusioner, yang memakan waktu 30 menit, dirancang untuk menipu jam biologis wanita, untuk berpikir mereka jauh lebih muda daripada usia sebenarnya. Demikian dilansir dari The Sunday Times. 

Prosedur, yang merupakan yang pertama dari jenisnya di dunia, melibatkan sepotong dari ovarium dikeluarkan dibekukan jaringan pada -150C di bank es.

Saat wanita mencapai menopause, jaringan ovarium dicairkan dan dipindahkan kembali ke dalamnya, di mana ia akan memulai hormon alami mereka, menunda menopause. 

Bagi mereka yang menopause menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti osteoporosis dan masalah jantung, penundaan akan dianggap berita baik. 

Menunda menopause juga akan menarik bagi jutaan orang, yang berharap untuk mengurangi gejala fisik dan emosional yang mengeringkan seperti hot flushes, keringat malam, masalah ingatan, perubahan suasana hati dan kecemasan. 

Sembilan wanita Inggris berusia antara 22 dan 36 tahun, sudah menjalani operasi. 

Salah seorang pasien, seorang ibu yang berusia 34 tahun yang sudah menikah mengatakan, "Saya harus mengatakan bahwa saya tidak pernah merasakan sakit, dan tampaknya cukup ajaib bahwa itu adalah sesuatu yang begitu mudah." 

Dixie-Louise Dexter, yang juga menjalani prosedur ini, meminta jaringan ovariumnya segera dicangkokkan kembali ke dalam dirinya untuk mencegah menopause dini. 

"Mampu menunda menopause telah mengubah hidup," katanya.

Loading...

Operasi ini ditawarkan di sebuah perusahaan yang berbasis di Birmingham bernama ProFaM, dan didanai bersama oleh empat ahli terkenal dunia dalam kedokteran reproduksi. 

Profesor Simon Fishel, kepala eksekutif dan salah satu pendiri perusahaan, juga merupakan perintis IVF yang karya pertamanya menghasilkan kelahiran Natalie Brown, saudara perempuan dari bayi tabung pertama, Louise Brown. 

Dia berkata: "Perempuan hidup lebih lama daripada waktu kapan pun dalam sejarah manusia. 

“Sangat mungkin bahwa banyak wanita akan mengalami menopause lebih lama dari masa subur mereka. 

"Kami memberdayakan wanita untuk mengendalikan kesehatan mereka sendiri dengan secara alami menunda menopause mereka."

Biaya prosedur antara £ 3.000 (Rp47 juta) dan £ 7.000 (Rp111 juta). 

Profesor Fishel menambahkan: "Kami berada pada titik yang menarik dalam evolusi spesies kami, tetapi terutama dalam kaitannya dengan perawatan medis di mana hal-hal luar biasa terjadi. 

"Sekarang kita bisa mulai menawarkan sesuatu kepada generasi wanita yang lebih muda, yang belum pernah ada sebelumnya."

Loading...
Loading...