Minggu, 04 Agustus 2019 16:35 WITA

Peringati Hari Mangrove Se-Dunia, Mapala UNM dan Tali Foundation Gelar Kegiatan Bareng

Editor: Aswad Syam
Peringati Hari Mangrove Se-Dunia, Mapala UNM dan Tali Foundation Gelar Kegiatan Bareng
Memperingati Hari Magrove Se-Dunia yang jatuh pada 26 Juli, Yayasan Tali Foundation dan beberapa komunitas pecinta alam dari berbagai daerah, melaksanakan kegiatan “Kemah Bakti Lingkungan Hidup (KBLH) 2019”.

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Memperingati Hari Magrove Se-Dunia yang jatuh pada 26 Juli, Yayasan Tali Foundation dan beberapa komunitas pecinta alam dari berbagai daerah, melaksanakan kegiatan “Kemah Bakti Lingkungan Hidup (KBLH) 2019”.

KBLH 2019 ini dikoordinir oleh Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Trisula FIS UNM di Desa Tamarupa, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep. 

Kegiatan ini berlangsung tiga hari, dimulai pada 2 Agustus 2019, hingga 4 Agustus 2019. Temanya, “Demi Hijaunya Alam”.

Ada beberapa agenda dalam kegiatan ini, seperti melakukan penanaman 2.000 mangrove, pemberian materi tentang pengelolaan sampah plastik dan pelestarian lingkungan hidup kepada peserta, partisipan dan masyarakat setempat yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. 

Peringati Hari Mangrove Se-Dunia, Mapala UNM dan Tali Foundation Gelar Kegiatan Bareng

Di hari terakhir kegiatan, panitia juga melaksanakan kegiatan aksi bersih, dengan mengumpulkan sampah-sampah plastik yang banyak berserakan di pinggir jalan dan di beberapa titik disekitar lokasi kegiatan.

"Pendidikan tentang pengelolaan sampah plastik dan pelestarian lingkungan hidup, diharapkan dapat lebih menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang sehat dan lestari, karena kebersihan hidup bukan hanya untuk kepentingan pribadi, tetapi untuk kepentingan bersama," kata Ketua Umum MPA Trisula FIS UNM, Periode 2018 - 2019, Ary Risaldi N.

Loading...

Peringati Hari Mangrove Se-Dunia, Mapala UNM dan Tali Foundation Gelar Kegiatan Bareng

Kegiatan Kemah Bakti Lingkungan Hidup 2019 ini, juga mendapat apresiasi dan dukungan dari Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Tamsil Linrung, yang membidangi Energi Sumber Daya Mineral, Riset dan Teknologi serta Lingkungan Hidup. 

Tamsil berharap, dalam kegiatan penanaman mangrove yang telah dilaksanakan, bukan hanya dapat berfungsi menjaga batas pantai dari abrasi air laut, tetapi juga dapat meningkatkan kebutuhan masyarakat setempat, baik fungsinya dalam penyediaan bahan pangan, papan, kesehatan dan lingkungan hidup. 

"Dengan pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang baik dan benar, tentunya dapat meningkatkan kebutuhan sosial dan ekonomi daerah tempat pengelolaan SDA tersebut," ujar Tamsil.

Pihak Panitia Pelaksana mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan ini. Di antaranya, Yayasan Tali Foundation, Komisi VII DPR RI, DPLH Provinsi Sulsel, Dinas LH Kabupaten Pangkep, Pondok Pesantren ICM Mandalle, Sispala STUPA MAN Pangkep, Wasipalah SMK Negeri 5 Pangkep, Relawan Tali Baksos, Mapala Abadi UNM Parepare, Maestro UNM, Mapala Sinai, Maekpa UNM, Maperwa dan BEM FIS UNM, DPK KNPI Kecamatan Mandalle dan Masyarakat Desa Tamarupa, Kabupaten Pangkep.

Loading...
Loading...