Rabu, 31 Juli 2019 15:40 WITA

Dokter Romi Menangis di Depan Mendagri, Tjahjo Kumolo: Tahun Ini Jadi CPNS

Editor: Abu Asyraf
Dokter Romi Menangis di Depan Mendagri, Tjahjo Kumolo: Tahun Ini Jadi CPNS
drg Romi Syofpa Ismael

RAKYATKU.COM - Dokter Romi Syofpa Ismael dapat kabar gembira. Dokter gigi penyandang disabilitas ini dapat garansi jadi CPNS dari Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

"Tahun ini masuk ya. Kalau menunggu formasi berikutnya lama," kata Tjahjo di kantornya, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Dokter Romi menemui Tjahjo untuk mengadukan nasibnya. Dia didampingi suami, Direktur LBH Padang Wendra Rona Putra, perwakilan PDGI drg Ahmad Syaukani, dan anggota Komisi VIII DPR RI asal PDIP, Rieke Diah Pitaloka.

Tjahjo menegaskan, tak ada alasan bagi pemerintah daerah untuk menolak status CPNS penyandang disabilitas. Apalagi jika yang bersangkutan sudah memenuhi syarat dan pemerintah memerlukan tenaga medis.

"Secara fisik dan keilmuan itu lulus semuanya. Tidak alasan daerah yang memerlukan tenaga medis, menolak dengan alasan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," ungkap Tjahjo.

Mendagri mengatakan, tenaga medis sangat diperlukan. Jumlahnya sangat kurang. 

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sangat menyayangkan kasus ini terjadi. Padahal, menurut dia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sangat mengakomodasi kepentingan-kepentingan penyandang disabilitas.

Loading...

"Saya pikir begini, konsep disabilitas yang dijalankan pemerintah itu sebenarnya sangat jelas. Bahkan, di KSP (Kantor Staf Presiden) sendiri ada difabel yang kita akomodasi," kata Moeldoko, Jumat (26/7/2019).

Mantan panglima TNI itu menyatakan bahwa penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama dimata hukum. Di KSP, juga ada penyandang disabilitas yang diakomodasi.

Sementara Rieke Diah Pitaloka mengatakan, drg Romi memenuhi syarat jadi CPNS. Tidak ada alasan yang menyatakan kondisinya tidak memungkinkan drg Romi tidak bisa memberikan pelayanan.

Bisa dibuktikan, kata dia, karena drg Romi sampai saat ini masih mengabdi di puskesmas dengan statusnya yang masih tenaga harian lepas (THL). 

"Jadi, bukan hanya lulus tes dengan nilai terbaik, dari sisi pengabdian pun masih bekerja," kata Rieke.

Loading...
Loading...