Selasa, 30 Juli 2019 17:34 WITA

Bukan Lidah Mertua, Cara Ini Paling Ampuh Atasi Polusi Menurut BPPT

Editor: Abu Asyraf
Bukan Lidah Mertua, Cara Ini Paling Ampuh Atasi Polusi Menurut BPPT
Tanaman lidah mertua, salah satu tumbuhan yang bisa mengurangi polusi.

RAKYATKU.COM - Salah satu tumbuhan yang dipercaya efektif mengurangi polusi udara adalah lidah mertua. Namun, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) punya cara lain.

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT, Tri Handoko Seto mengatakan tumbuhan tinggi saat ini diperlukan untuk mengurangi polusi udara di DKI Jakarta. 

Tumbuhan yang bisa menjadi pembersih antara lain lidah buaya dan lidah mertua. Namun, itu juga belum cukup.

Seto juga menyarankan agar setiap gedung memiliki pancuran air. Pancuran air ke atas itu menurutnya juga dapat menjadi cara membersihkan udara.

Kepada wartawan di gedung Kemenko PMK, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2019), Tri Handoko mengatakan, tumbuh-tumbuhan yang punya kemampuan tinggi untuk menyerap karbon di seluruh gedung-gedung di puncak-puncak gedung harusnya ada. 

Loading...

Gedung-gedung juga disarankan mempunyai sirkulasi air yang baik. Mirip pancuran yang berputar. Air bisa menyentuh udara dan menangkap polutan.

Namun, yang paling signifikan menurut Seto, ialah mengurangi sumber polusi. Dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dengan menggunakan angkutan umum. 

"Sumbernya kurangi penggunaan mobil pribadi dan angkutan umum digalakkan kalau itu berhasil maka saya kira ini sangat signifikan. Minimal 50 persen akan berkurang," katanya seperti dikutip dari Detikcom.

Loading...
Loading...