Senin, 29 Juli 2019 12:56 WITA

Pria Tewas Setelah Organisme Pemakan Otak Memasuki Hidungnya Saat Berenang

Editor: Mays
Pria Tewas Setelah Organisme Pemakan Otak Memasuki Hidungnya Saat Berenang
Amuba pemakan otak yang menyerang melalui hidung.

RAKYATKU.COM, NORTH CAROLINA - Seorang pria dari North Carolina, Amerika Serikat, meninggal pada Senin, 22 Juli 2019, setelah dia berenang di sebuah danau buatan manusia yang terinfeksi oleh Naegleria fowleri, organisme bersel tunggal yang juga dikenal sebagai "amuba pemakan otak".

Menurut The New York Times, Eddie Gray (59), mengunjungi Taman Air Danau Fantasi di Cumberland pada 12 Juli, tetapi jatuh sakit dan meninggal 10 hari kemudian. Demikian  laporan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Carolina Utara.

Amuba pemakan otak ini sering ditemukan di air tawar yang hangat, dan bisa mematikan jika masuk ke tubuh melalui hidung. 

Meskipun jarang bagi orang untuk tertular infeksi ini, mereka yang mendapatkannya berakhir dalam kondisi yang mengancam jiwa. 

Ada 145 kasus orang yang terinfeksi di Amerika Serikat, sejak tahun 1962 hingga 2018.

"Simpati kami ada pada keluarga dan orang-orang terkasih," kata Zack Moore, ahli epidemiologi negara bagian North Carolina.

"Orang-orang harus menyadari bahwa organisme ini ada di danau air tawar hangat, sungai dan mata air panas di seluruh North Carolina. Jadi berhati-hatilah saat Anda berenang atau menikmati olahraga air," ungkapnya.

Naegleria fowleri biasanya tidak menyebabkan penyakit apa pun, jika ditelan. Namun, bisa berakibat fatal jika dipaksa naik ke hidung. Ini sering terjadi ketika orang-orang pergi menyelam, bermain ski air atau kegiatan lainnya di dalam air.

Beberapa kasus juga melibatkan neti pot - kapal yang digunakan untuk mencuci saluran hidung.

loading...

Mereka yang terinfeksi oleh amuba pemakan otak ini, sering mengalami sakit kepala, mual, dan muntah, yang tampak seperti "gejala normal" dari flu biasa. 

Namun, penyakitnya berkembang dengan cepat, membuatnya sulit untuk didiagnosis, dan mereka yang terinfeksi sering mati dalam satu hingga dua minggu.

Biasanya, setelah Naegleria fowleri memasuki hidung, ia dapat bermigrasi ke otak sepanjang saraf penciuman, di mana ia kemudian mulai menghancurkan jaringan otak. 

Nama teknis untuk infeksi ini adalah meningoensefalitis amuba primer.

Untuk mencegah infeksi, orang yang berenang di air tawar hangat harus mencoba membatasi jumlah air yang naik ke hidung mereka.

"Tutup hidung Anda, gunakan klip hidung atau jaga kepala Anda di atas air, ketika mengambil bagian dalam kegiatan terkait air tawar," kata departemen kesehatan North Carolina.

"Ini merekomendasikan agar orang menghindari aktivitas air ketika level air rendah dan suhu air tinggi, dan mereka menahan diri agar tidak mengaduk sedimen di perairan dangkal yang berair."

Ia menambahkan, tidak ada cara untuk menghilangkan amuba ini dari danau air tawar.

Loading...
Loading...