Minggu, 28 Juli 2019 19:35 WITA

Bocah Tiongkok Temukan 11 Butir Telur Dinosaurus Saat Bermain di Tepi Sungai

Editor: Mays
Bocah Tiongkok Temukan 11 Butir Telur Dinosaurus Saat Bermain di Tepi Sungai
Zhang Yangzhe dan telur dinosaurus temuannya.

RAKYATKU.COM, TIONGKOK - Banyak dari kita yang terobsesi dengan dinosaurus ketika kita masih anak-anak. Tetapi bayangkan menjadi anak lelaki berusia 10 tahun dari Tiongkok ini.

Zhang Yangzhe (10), sedang bermain di tepi Sungai Dong di Heyuan, Provinsi Guangdong. Saat itu, dia tengah mencari batu untuk memecahkan buah kenari.

Tanpa sengaja dia menggali, menemukan sarang telur dinosaurus yang telah menjadi fosil, yang dia kira batu.

Lama dia memperhatikan bagaimana batu aneh itu memiliki lingkaran di permukaan. Dia lalu menunjukkannya kepada ibunya.

Menurut Lad Bible, bocah itu awalnya mengira lingkaran aneh di atas batu itu adalah semen, tetapi kemudian menyadari bahwa permukaannya tampak persis seperti pola kulit telur dinosaurus.

Sekadar diketahui, Zhang benar-benar tertarik pada sains dan dinosaurus. Dia telah melihat fosil dinosaurus di museum sebelumnya, yang menjelaskan bagaimana dia mengenali betul Dinosaurus.

loading...

“Saya telah mempelajari pengetahuan ini dalam buku-buku dan di koridor budaya sekolah saya. Saya telah melihatnya di museum. Telur dinosaurus yang berbeda memiliki bentuk yang berbeda,” ungkapnya.

Ibunya, Li, memutuskan untuk memanggil pihak berwenang untuk memeriksa situs tersebut. Para ahli dari Heyuan Dinosaur Museum mengkonfirmasi, bahwa "batu" itu memang sarang dari telur dinosaurus dan segera menggali situs tersebut. Panjang telur sekitar 9cm.

Setelah menggali dan menyelidiki, telah dikonfirmasi bahwa telur dinosaurus berasal dari periode Cretaceous (tepat sebelum dinosaurus punah). Ini berarti sarang telur berumur 66 juta tahun.

Dikatakan bahwa Heyuan adalah "rumah dinosaurus" Tiongkok, karena total 43 telur fosil telah ditemukan di kota itu.

Museum Dinosaurus Heyuan mengklaim, mereka memiliki lebih dari 10.000 telur, alias koleksi telur dino paling banyak di dunia.

Loading...
Loading...