Minggu, 28 Juli 2019 16:50 WITA

Cafe Sampah di India: 1kg Sampah Ditukar Makanan Gratis

Editor: Suriawati
Cafe Sampah di India: 1kg Sampah Ditukar Makanan Gratis
Cafe sampah di Ambikapur

RAKYATKU.COM - Sebuah kota di India membuka Garbage Cafe atau cafe sampah untuk menangani masalah limbah yang semakin memprihatinkan di negara itu.

Konsepnya adalah menyediakan makanan gratis untuk orang-orang kurang mampu. Untuk mendapatkannya, mereka harus menyerahkan sampah.

Menurut Boldsky, para pelanggan akan mendapatkan makanan gratis dengan menukar setengah kilo atau 1 kg sampah plastik.

Untuk 500g sampah, seseorang akan mendapat sarapan dan untuk 1 kg sampah, seseorang akan mendapatkan makanan untuk satu hari.

Inisiatif ini dicetuskan oleh Ambikapur Municipal Corporation (AMC) di Chattisgarh, kota terbersih kedua di India.

Garbage Cafe dijalankan di bawah program Swachh Bharat Abhiyan atau "Kampanye Kebersihan India," dan bertujuan untuk membangun jalan menggunakan limbah plastik.

loading...

Kafe ini terletak di halte bus Ambikapur. 

Setiap sampah yang dikumpulkan di cafe akan dijual ke Manajemen Sumber Daya Padat dan Cair (SLRM), yang akan mengeluarkan kupon makanan gratis kepada pengumpul sampah.

Setelah sampah plastik dikumpulkan oleh manajemen, limbah tersebut akan didaur ulang di pabriknya dan kemudian akan dikonversi menjadi butiran plastik untuk dijual.

Walikota Chattisgarh, Ajay Tirkey mengatakan bahwa butiran plastik daur ulang dan kertas daur ulang bisa mencapai 12 lakh (sekitar Rp243 juta) sebulan.

Loading...
Loading...