Kamis, 25 Juli 2019 11:48 WITA

Video Bentrokan Mahasiswa China dan Mahasiswa Pro Hong Kong di Brisbane

Editor: Abu Asyraf
Video Bentrokan Mahasiswa China dan Mahasiswa Pro Hong Kong di Brisbane
Suasana bentrokan dua kelompok mahasiswa Universitas Queensland, Brisbane Australia, Rabu (24/7/2019).

RAKYATKU.COM - Unjuk rasa dua kelompok mahasiswa Universitas Queensland, Brisbane Australia diwarnai keributan, Rabu (24/7/2019). Beberapa pedemo terlibat adu jotos.

Dalam video yang dilihat Rakyatku.com, bentrokan terjadi antara mahasiswa pro-China dan pro demokrasi Hong Kong. Kericuhan tak terhindarkan saat mahasiswa pro-China memutar lagu-lagu nasionalis dan meneriakkan yel-yel "China itu hebat".

Teriakan dan pelecehan yang dilontarkan mahasiswa di kedua kubu itu kemudian memuncak dan berubah menjadi kekerasan. Keributan berlangsung empat jam. Ketegangan baru berakhir setelah polisi berhasil membujuk kedua kelompok untuk pulang.

Saat bentrok terjadi, polisi tampak hanya berjaga-jaga. Tidak melakukan penangkapan. Dikutip dari ABC, Presiden Serikat Mahasiswa Georgia Milroy menggambarkan bentrokan itu sebagai kondisi yang "menakutkan".

Loading...

Keributan dimulai saat sejumlah aktivis pro-China mendatangi aksi unjuk rasa yang digelar rekan-rekan mereka sesama mahasiswa asal China yang sedang menunjukkan solidaritas mereka terhadap kaum minoritas yang teraniaya di tanah air mereka.

Ratusan mahasiswa dari kedua kelompok itu berkumpul di luar Gedung Pengadilan Agung Universitas Queensland (UQ) di Brisbane, Queensland untuk mengekspresikan pandangan mereka.
 

Loading...
Loading...