Rabu, 24 Juli 2019 10:32 WITA

Jelang Pertemuan Megawati-Prabowo, PDIP: Gerindra Ketua MPR, Jauh

Editor: Abu Asyraf
Jelang Pertemuan Megawati-Prabowo, PDIP: Gerindra Ketua MPR, Jauh
Momen pertemuan Prabowo dengan Megawati beberapa waktu lalu.

RAKYATKU.COM - Harapan Partai Gerindra untuk mendapatkan kursi ketua MPR RI sepertinya sulit jadi kenyataan. Anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK) tidak ikhlas menyerahkan posisi itu ke rival mereka pada Pilpres 2019.

Apalagi sebelumnya, tiga anggota koalisi, yakni Partai Golkar, Partai NasDem, dan PKB sama-sama berharap mendapatkan kursi itu. PKB paling ngotot, namun Golkar merasa paling berhak karena memiliki kursi terbanyak kedua di bawah PDIP.

Isu kursi ketua MPR akan diserahkan kepada Gerindra mengemuka jelang pertemuan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto. Jatah kursi MPR itu disebut-sebut salah satu cara koalisi pemerintah "menjinakkan" Gerindra.

Namun, politikus PDIP Arteria Dahlan tidak yakin kursi ketua MPR akan diserahkan kepada Partai Gerindra.

Anggota Komisi III DPR RI itu menyebutkan Megawati tidak akan bicara soal kekuasaan jika bertemu dengan Prabowo. Pertemuan keduanya, menurut Arteria, akan membahas mengenai eksistensi NKRI.

"Saya sih tidak yakin sama Bu Mega bicara bagi-bagi kekuasaan, bukan tipe Bu Mega seperti itu dan bukan tipe Pak Prabowo. Jadi kita sama-sama melakukan penghormatan. Kalau ketemu besok (hari ini), jadi dialektika kebangsaan untuk kepentingan yang lebih besar, kepentingan bangsa dan negara bukan kelompok," papar Arteria.

Loading...

"Jadi jauhkanlah rekonsiliasi, bagi-bagi kursi di kabinet. Gerindra Ketua MPR, jauh itu, tidak perlu dikhawatirkan. Makanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Semua berjalan baik-baik saja, semua memberikan penguatan yang diuntungkan rakyat," imbuhnya.

Terpisah, Direktur Pencapresan DPP PKS Suhud Aliyudin menghargai rencana pertemuan Prabowo dan Megawati.

"Menghargai setiap upaya persatuan bangsa yang dilakukan oleh para elite politik," tutur Suhud.

Informasi rencana pertemuan tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono kepada wartawan.

"Kalau tidak ada halangan besok Pak Prabowo, Ibu Mega dan Kang Mas Joko Widodo bertemu jam 12.00," kata Arief, Selasa (23/7/2019).

Loading...
Loading...