Rabu, 24 Juli 2019 08:30 WITA

Terminal Darah Puskesmas Antar Bantaeng Raih Penghargaan Indonesia's Attractiveness Award

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Abu Asyraf
Terminal Darah Puskesmas Antar Bantaeng Raih Penghargaan Indonesia's Attractiveness Award
Pemerintah Kabupaten Bantaeng meraih penghargaan dalam Indonesia's Attractiveness Award (IAA) 2019, Hotel Pulman, Jakarta, Selasa malam (23/7/2019).

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Pemerintah Kabupaten Bantaeng meraih penghargaan dalam Indonesia's Attractiveness Award (IAA) 2019, Hotel Pulman, Jakarta, Selasa malam (23/7/2019).

Dalam IAA 2019 itu, Kabupaten Bantaeng mendapatkan penghargaan tertinggi yakni Platinum Award kategori Kabupaten Kecil Terbaik Sektor Pelayanan Publik.

Inovasi Terminal Darah Puskesmas yang membawa Pemkab Bantaeng meraih penghargaan tersebut.

Diketahui, Terminal Darah Puskesmas adalah salah satu inovasi bidang kesehatan yang mulai hadir di Bantaeng sejak tahun 2017. 

Terminal Darah Puskesmas ini bertujuan menjamin ketersediaan stok darah bagi ibu bersalin. Hadirnya stok darah di puskesmas memberikan rasa aman bagi calon ibu bersalin manakala dalam proses melahirkan terjadi perdarahan dan membutuhkan darah secepatnya. 

Dalam dua tahun terakhir, inovasi ini mampu memberikan berbagai kontribusi positif dalam hal akselerasi pencapaian program kesehatan. 

Loading...

Angka persalinan di fasilitas kesehatan tingkat pertama mengalami peningkatan yang sangat signifikan, persalinan yang ditolong tenaga kesehatan hampir menyentuh angka 100 persen. 

Bahkan jumlah pendonor tetap untuk ibu bersalin yang terdaftar menyentuh angka kurang lebih 200 orang pendonor tetap. Angka yang sangat fantastis dibandingkan data tahun 2015 dan 2016 yang disampaikan oleh UTDRS bahwa tidak ada pendonor tetap untuk ibu bersalin di sepanjang tahun tersebut.

Penghargaan ini diterima Bupati Bantaeng, Ilham Azikin. Dia didampingi Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan.

"Penghargaan ini merupakan suatu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Bantaeng, tentunya hal ini akan lebih memotivasi kita bersama dalam melakukan segenap upaya meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat," ungkap Ilham Azikin.

Loading...
Loading...