Senin, 22 Juli 2019 12:14 WITA

Miris, Merah Putih Terkoyak di Taman Makam Pahlawan Barru

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Aswad Syam
Miris, Merah Putih Terkoyak di Taman Makam Pahlawan Barru
Bendera merah putih di atas Taman Makam Pahlawan Barru.

RAKYATKU.COM, BARRU - Di Taman Makam Pahlawan (TMP) Barru, Kecamatan Barru, berdiri sebuah tiang besi berwarna putih. 

Di puncaknya, berkibar kain merah dan putih. Ujungnya yang terkoyak-koyak, dipermainkan angin. Dulunya, itu adalah bendera Sang Saka Merah Putih yang perkasa.

Kain lusuh itu, dibiarkan terus robek dan menari dipermainkan angin. 

Bendera tersebut menjadi perhatian masyarakat. Sungguh miris kondisinya. Padahal setahun lalu, tepatnya 17 Agustus dan 10 November 2018, banyak wajah yang tengadah, memberi hormat ke kain lusuh itu.

Loading...

Sesuai aturan dalam Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Pada Pasal 24 UU tersebut, diatur soal apa yang dilarang terhadap bendera merah putih, salah satunya mengibarkan bendera negara yang rusak, robek, luntur, kusut atau kusam.

Kejari Barru, Paian Tumanggor yang baru saja melaksanakan upacara Hari Bakti Adhyaksa ke-59 di TMP Barru, menyayangkan kondisi bendera itu.

"Kita harus ganti itu (bendera) dengan yang baru. Nanti setelah aturan jam penurunan bendera pukul 18.00 Wita. Tak bagus kalau bendera robek dibiarkan berkibar begitu," ujar Paian Tumanggor kepada Wartawan, Senin (22/7/2019).

Loading...
Loading...