Senin, 22 Juli 2019 12:32 WITA

Ukur Kinerja UPTD Lingkup Pemkot Makassar, Ombudsman Akan Buat Standar Pelayanan

Penulis: Syukur
Editor: Aswad Syam
Ukur Kinerja UPTD Lingkup Pemkot Makassar, Ombudsman Akan Buat Standar Pelayanan
Wakil Ketua Ombudsman Makassar, Muhammad Irwan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ombudsman Makassar melalui komisioner yang baru, akan membuat standar pelayanan untuk mengukur kinerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) di lingkup Kota Makassar.

Pembuatan standar pelayanan ini, sesuai dengan tugas ombudsman yang merupakan lembaga negara, yang mempunyai kewenangan mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik, baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan. Termasuk yang diselenggarakan Badan Usaha Miliki Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Hukum milik Negara, serta Badan Swasta atau perseorangan. 

Ini sesuai yang tertuang dalam Pasal 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008, Tentang Ombudsman Republik Indonesia.

"Kita akan membuat standar pelayanan UPTD. Jadi nanti enam bulan sekali akan dilakukan evaluasi terhadap UPTD di Kota Makassar," ungkap Muhammad Irwan, Wakil Ketua Ombudsman Makassar periode 2019-2024.

Standar pelayanan ini kata dia, nantinya akan menjadi tolak ukur bagaimana keberhasilan atau kinerja setiap UPTD selama enam bulan.

Setelah dilakukan evaluasi kinerja selama enam bulan, Ombudsman Makassar selanjutnya akan memberi rekomendasi kepada wali kota sebagai pengambil kebijakan di lingkup Pemkot Makassar.

Loading...

Hasil evaluasi per enam bulan ini, juga nanti akan diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar.

"Ini akan menjadi standar kepatuhan, apakah dilakukan atau tidak. Laporan berkala akan diserahkan ke wali kota, supaya ditahu seperti apa kerja anak buahnya," tambahnya.

Hasil evaluasi standar pelayanan UPTD ini, juga nantinya akan memetakan kinerja setiap UPTD. Hal ini diharapkan bisa menjadi patokan wali kota untuk mengambil kebijakan mempertahankan atau merombak pejabat ataupun struktur di UPTD lingkup Pemkot Makassar.

"Jadi nanti akan kelihatan yang mana UPTD dengan pelayanan terburuk atau zona merah, zona hijau atau pelayanan baik. Dan zona kuning atau pelayanan sedang," tambahnya.

Loading...
Loading...