Minggu, 21 Juli 2019 04:30 WITA

Zat Kimia di Anggur Merah Jadi Bahan Penting Buat Astronot

Editor: Andi Chaerul Fadli
Zat Kimia di Anggur Merah Jadi Bahan Penting Buat Astronot

RAKYATKU.COM - Sebuah bahan kimia dalam anggur merah yang dikenal sebagai resveratrol dapat mencegah otot-otot astronot menjadi lemah di lingkungan minim gravitasi di Mars. 

Resveratrol adalah bahan kimia alami yang ditemukan di kulit anggur dan blueberry, dan merupakan fokus penelitian ilmiah di Beth Israel Deaconess Center di Universitas Harvard.

Para peneliti menemukan bahwa resveratrol dapat mempertahankan fungsi otot dan mengurangi atrofi otot dalam kondisi yang meniru gravitasi Mars, dikutip dari Sky News, Minggu (21/7/2019).

Karena Mars hanya memiliki sekitar 40% dari gravitasi Bumi, para astronot yang menghabiskan waktu lama di planet merah dapat menemukan otot-otot mereka menyusut karena digunakan kurang dari normal.

Atrofi otot adalah konsekuensi yang hampir segera dari spaceflight, dengan penelitian terhadap kru selama 50 tahun terakhir menemukan bahwa astronot dapat kehilangan hingga 20% dari massa otot mereka dalam waktu kurang dari dua minggu dalam gayaberat mikro.

Untuk mencegah hal ini, para astronot yang tinggal dan bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) harus berolahraga selama beberapa jam setiap hari.

Bahkan kemudian banyak dari mereka yang kembali ke Bumi melemah dari perjalanan mereka dan perlu menjalani rehabilitasi berbulan-bulan.

loading...

Ini belum tentu memungkinkan bagi manusia pertama yang tiba di Mars, dan karenanya para ilmuwan - yang disponsori oleh NASA - menganalisis apakah suplemen makanan dapat membantu melindungi massa otot mereka.

Tim mereplikasi teknik yang digunakan untuk menguji gravitasi Mars pada tikus dan tikus, menurut pekerjaan mereka yang diterbitkan dalam Frontiers in Physiology.

"Di masa lalu, meniru gravitasi yang lebih rendah telah dicapai dengan suspensi ekor," kata perancang Dr Marie Mortreux.

"Meskipun efektif, pendekatan ini menghadirkan berbagai tantangan, termasuk gangguan aliran darah dan ketidaksejajaran tulang belakang.

"Untuk menghindari masalah-masalah ini dan untuk membantu menjaga hewan-hewan itu tetap horisontal dan mungkin lebih nyaman, kami memasukkan sabuk pengaman yang sesuai pesanan," jelas Dr Mortreux.

Loading...
Loading...