Kamis, 18 Juli 2019 14:58 WITA

Data Pribadi 5 Juta Warga Bulgaria Dicuri Hacker

Editor: Andi Chaerul Fadli
Data Pribadi 5 Juta Warga Bulgaria Dicuri Hacker

RAKYATKU.COM - Seorang programmer berusia 20 tahun mesti mendekam di penjara usai mencuri informasi pribadi hampir setiap orang dewasa di Bulgaria.

Pihak berwenang mengakui bahwa agen pajak nasional Bulgaria diretas setelah outlet berita menerima email pada Senin (15 Juli) dengan ejekan dan klaim tanggung jawab, dikutip dari The Straits Times, Kamis (18/7/2019).

Nama-nama, alamat, pendapatan, dan informasi jaminan sosial dari sebanyak 5 juta warga Bulgaria dan penduduk asing - di negara dengan hanya 7 juta - telah diambil.

"Keadaan keamanan siber Anda adalah parodi," kata peretas yang memproklamirkan diri melalui email.

loading...

Meskipun polisi memperingatkan bahwa penyelidikan sedang dalam tahap awal, beberapa pejabat menyarankan bahwa Rusia mungkin berada di balik serangan itu, sebagai pembalasan atas pembelian jet tempur buatan negara itu baru-baru ini. Seorang pengacara untuk tersangka membantah bahwa ia berperan dalam pelanggaran tersebut.

Terlepas dari siapa yang melakukan peretasan, para ahli mengatakan pelanggaran menyoroti bahaya yang terus tumbuh yang dihadapi oleh kedua pemerintah dan warga mereka di dunia yang semakin digital.

Pelanggaran itu adalah pencurian data pribadi terbesar yang pernah dilaporkan di Balkan - perdana menteri Bulgaria mengadakan pertemuan darurat badan-badan keamanan negara - dan hanya yang terbaru dari serangkaian serangan yang telah mengungkapkan seberapa banyak data tetap tidak aman secara online meskipun serangkaian pencurian profil tinggi baru-baru ini.

Loading...
Loading...