Kamis, 18 Juli 2019 14:32 WITA

BNN Sita Mobil, Tanah, Rumah, dan Pabrik Rak Telur Milik Bandar Narkoba di Sulsel, Nilainya Rp16 M

Penulis: Azwar Basir
Editor: Abu Asyraf
BNN Sita Mobil, Tanah, Rumah, dan Pabrik Rak Telur Milik Bandar Narkoba di Sulsel, Nilainya Rp16 M
Badan Narkotika Nasional (BNN) RI berhasil menyita aset bandar narkoba di Sulsel sebesar Rp16 miliar.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI berhasil menyita aset bandar narkoba di Sulsel sebesar Rp16 miliar. Aset ini diduga terkait tindak pidana pencucian uang (TPPU). 

Tidak hanya menyita asetnya, BNN yang bekerja sama Polda Sulsel juga meringkus bandar narkoba bersama kurirnya.  Keduanya adalah H Agus Sulo alias Lagu dan Syukur.

"Kami bekerja sama Polda Sulsel menyelidiki bandar ini. Hasilnya ada beberapa aset bernilai cukup fantastis seperti uang lebih Rp2 miliar. Selain itu, ada juga tanah, sawah, rumah, mobil mewah, pabrik telur, dan lain-lain. Total nilainya kalau dijumlah ada sekitar Rp16 miliar," kata Direktur TPPU BNN RI, Brigjen Pol Bahagia Dachi saat jumpa pers di BNN Badokka, Kota Makassar, Kamis (18/7/2019).

Bahagia Dachi mengungkapkan bahwa Lagu ditangkap di Rappang, Kelurahan Lalebbata, Kecamatan Panca Rijang, Sidrap pada 16 Mei 2019. Setelah itu menyusul Syukur yang bekerja sebagai kurir.

Setelah keduanya ditangkap, anggota mengembangkan kasus ini hingga berhasil melacak aset-aset sang bandar yang diduga kuat sebagai hasil TPPU. 

Loading...

"Aset yang disita tersebut sebagian besar disamarkan di Kabupaten Sidrap dan sejumlah aset lainnya berada di Kota Makassar," jelasnya. 

Katanya, bandar merupakan pemain lama di Sulsel. Ia sudah memasok barang haram ke Sulsel khususnya Kabupaten Sidrap sejak tahun 2014. Keduanya juga pernah terjerat kasus narkoba di Kalimantan Utara dengan barang bukti 10 kilogram sabu-sabu.

"Sudah beberapa kali jaringan ini melakukan jual beli narkoba. Ada beberapa kasus yang pernah melibatkan mereka di wilayah Polda Sulsel dan 10 kilogram dari Kaltim," tutupnya.


 

Loading...
Loading...