Rabu, 17 Juli 2019 11:58 WITA

Ini Sosok Siswa SMP Asal Gowa yang Mewawancarai Menteri Sosial

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Abu Asyraf
Ini Sosok Siswa SMP Asal Gowa yang Mewawancarai Menteri Sosial
Siswa SMP Negeri 04 Sungguminasa, Ahmad Fathanah ikut mewawancarai Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Selasa (16/7/2019).

RAKYATKU.COM,GOWA - Kedatangan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita bersama rombongannya di Kabupaten Gowa disambut meriah oleh sejumlah masyarakat sekitar khususnya 300 siswa dari SD Inpres Tinggimae dan SMP Negeri 04 Sungguminasa.

Namun, salah satu siswa dari SMP Negeri 04 Sungguminasa bernama Ahmad Fathanah (13) kelas 8 A mengaku terinspirasi dengan kerja-kerja seorang jurnalis. Dirinya tertangkap kamera saat awak media mewawancarai Agus Gumiwang dan ia juga ikut mewawancarai Mensos tersebut.

Dirinya tampak menyimak penjelasan Agus Gumiwang saat memberikan jawaban kepada awak media dewasa lainnya. Meski tidak memiliki peralatan liputan seperti jurnalis lainnya, Ahmad tetap semangat menyodorkan telepon genggan miliknya ke Agus Gumiwang.

Saat ditemui Rakyatku.com, dia mengaku sangat senang bisa bertemu dengan orang nomor satu di Kementerian Sosial RI tersebut. Terlebih dirinya diberikan ransel gratis oleh Agus.

Meski berada dalam himpitan jurnalis, dirinya tetap bertahan merekam pembicaraan Agus Gumiwang hingga selesai.

"Sebenarnya juga saya punya banyak sekali cita-cita seperti arsitektur dan mekanik. Tapi saya juga mau jadi jurnalis," katanya kepada Rakyatku.com sambil tertawa, Selasa (16/7/2019).

Bocah yang berdomisili di Jalan Gassing Daeng Tiro tersebut berterima kasih atas pemberian ransel gratis kepada dirinya. Atas pemberian tersebut, dia berjanji, kelak sudah dewasa nanti akan menjadi orang yang bisa berguna bagi agama, bangsa, dan negara.

Loading...

"Terima kasih Pak Menteri atas hadiah ranselnya," ucapnya.

Agus Gumiwang Kartasasmita tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin sekitar pukul 09.30 wita untuk meresmikan rehabilitasi makam tersebut. 

Agus di sela-sela sambutannya membagikan uang tabungan hingga Rp500 ribu dan peralatan sekolah seperti ransel secara gratis kepada 150 siswa SD dan 150 siswa SMP. Di antaranya berasal dari SD Inpres Tinggimae dan SMP Negeri 04 Sungguminasa yang diserahkan secara simbolis. 

Namun sebelum dibagikan, Agus memberikan beberapa buah pertanyaan kepada para siswa tentang pahlawan nasional. Itu mirip dengan gaya pemberian hadiah yang biasa dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Seluruh hadiah yang telah diberikan oleh Kementerian Sosial RI kepada para siswa, diharapkan anak-anak kita lebih meningkatkan jiwa nasionalismenya dan menghargai jasa-jasa pahlawannya. Itulah alasan kami tadi memberikan pertanyaan kepada siswa untuk lebih memahami dan mengetahui sejarah pahlawan di Indonesia," harap Agus.

Loading...
Loading...