Rabu, 17 Juli 2019 09:33 WITA

Dokter Satukan Kembali Tangan Pasien yang Hancur Berantakan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Dokter Satukan Kembali Tangan Pasien yang Hancur Berantakan

RAKYATKU.COM - Seorang dokter menjahit tangan seorang pria kembali menjadi satu bagian setelah benar-benar hancur dalam mesin penghancur.

Pria itu dilarikan ke rumah sakit setelah cedera mengerikan yang menyebabkan ibu jari, jari kelingking, ujung jari telunjuk dan sebagian besar telapak tangannya terlepas, dikutip dari Daily Mirror, Rabu (17/7/2019).

Dia dilaporkan mengoperasikan mesin cetak besar yang digunakan untuk mengondensasi limbah plastik ke sebuah kubus di Samut Prakan, Thailand tengah, ketika kecelakaan itu terjadi.

Dokter berhasil menyatukan tangan pasien kembali dalam operasi selama 13 jam yang melibatkan pemasangan kembali tulang, ligamen, pembuluh darah dan saraf.

Dokter tidak dapat memasang kembali ujung jari telunjuknya karena emboli.

Dr Wichit Siritattamrong, tangan ortopedi dan ahli bedah mikrovaskular rekonstruktif, mengungkapkan rincian operasi, yang terjadi sekitar tiga tahun lalu, ketika ia membahas beberapa hal penting dalam karirnya pada hari Kamis.

Dia mengatakan pasien pada awalnya tidak senang dengan hasilnya dan bertanya kepadanya, "Mengapa kamu tidak melampirkan jari telunjuk saya?"

Loading...

Dr Siritattamrong melanjutkan: "Saya sedikit kesal ketika pasien bertanya kepada saya tentang jari telunjuknya.

"Lalu aku menunjukkan padanya gambar tangannya sebelum operasi dan dia menyadari betapa beruntungnya dia bisa menggunakan tangannya lagi. Setelah itu dia berterima kasih kepada semua tim yang baru saja menyelamatkannya dari cacat."

Operasi mukjizat itu berarti pria itu telah dapat menggunakan tangannya dan tidak memiliki komplikasi sejak itu.

Dr Siritattamrong mengatakan dia berjanji kepada pasien bahwa dia akan memperbaiki tangannya sebelum operasi.

Dia berkata: "Pasien itu menuntut tangannya yang sempurna kembali dan aku berjanji kepadanya bahwa dia akan dapat mengambil hal-hal lagi."

Satu-satunya downside adalah ujung jari telunjuk tidak bisa dipasang kembali karena emboli yang bisa menyebabkan seluruh prosedur gagal.

Tags
Loading...
Loading...