Rabu, 17 Juli 2019 05:00 WITA

Kerap Diabaikan, Ini Cara-cara Bersedekah yang Keliru

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kerap Diabaikan, Ini Cara-cara Bersedekah yang Keliru
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan bagi Umat Islam. 

Sedekah menjadi sarana seseorang untuk meraih rida Allah. Selain itu, terdapat jaminan dari Allah, harta yang disedekahkan diganti dengan jumlah yang lebih baik.

Selain itu, sedekah juga dapat menjadi jalan untuk menolak bala dan kesengsaraan. Allah menyelamatkan seseorang dari bahaya karena keikhlasannya dalam bersedekah.

Namun begitu, terkadang kita menjumpai fakta sedekah yang dilakukan secara keliru. Parahnya, praktik tersebut dianggap biasa.

Sedekah Diiringi Ucapan Menyakitkan

Dilansir lama Bincang Syariah, beberapa cara keliru yang lazim dilakukan seperti sedekah diiringi kata-kata menyakitkan. Seperti menyinggung kebaikan diri sendiri di depan orang yang diberi sedekah, atau menyindir si penerima sedekah.

Praktik sedekah ini tidak mendapatkan pahala. Sebabnya, sedekah semacam ini tidak dilakukan secara ikhlas namun niat pamer.

Allah SWT mengingatkan dalam firmannya di Surat Al Baqarah ayat 262.

"Orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkankannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan tidak dengan menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka."

Loading...

Sedang Barang Tak Halal atau Barang Tak Layak Pakai

Cara ke dua, menyedekahkan barang yang tidak halal baik sifatnya maupun cara mendapatkannya. Barang hasil curian atau menipu tidak layak disedekahkan.

Cara yang ke tiga, kualitas barang yang disedekahkan tidak diperhatikan. Seringkali terjadi niat sedekah diwujudkan dengan barang yang kualitasnya tidak layak.

Contohnya ketika terjadi bencana. Banyak orang menyedekahkan pakaian bekas yang sebenarnya sudah tidak layak pakai. Alhasil, pakaian itu menumpuk seperti sampah.

Dalam Surat Al Baqarah ayat 267, Allah SWT berfirman:

Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi ini untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk, lalu kamu sendiri tidak mau mengambilnya, melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan, ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Meski sepele, cara-cara di atas sebaiknya dihindari ketika bersedekah. Ini agar sedekah kita diterima dan dibalas oleh Allah SWT.
 

Tags
Loading...
Loading...