Selasa, 16 Juli 2019 15:20 WITA

Mirip Gaya Jokowi, Mensos RI Bagikan Uang Tabungan dan Ransel kepada 300 Siswa di Gowa

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Nur Hidayat Said
Mirip Gaya Jokowi, Mensos RI Bagikan Uang Tabungan dan Ransel kepada 300 Siswa di Gowa
Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) saat membagikan ransel kepada siswa dalam kunjungannya ke Kabupaten Gowa, Selasa (16/7/2019).

RAKYATKU.COM, GOWA - Kedatangan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita ke Kabupaten Gowa disambut meriah seluruh siswa yang hadir di kawasan Makam Pahlawan Nasional (MPN) Sultan Hasanuddin, Selasa (16/7/2019).

Agus di sela-sela sambutannya membagikan uang tabungan hingga Rp500 ribu dan peralatan sekolah seperti ransel secara gratis kepada 150 siswa SD dan 150 siswa SMP. Di antaranya berasal dari SD Inpres Tinggimae dan SMP Negeri 04 Sungguminasa yang diserahkan secara simbolis.

Namun sebelum dibagikan, Agus memberikan beberapa buah pertanyaan kepada para siswa tentang pahlawan nasional. Itu mirip dengan gaya pemberian hadiah yang biasa dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pertanyaan yang diberikan kepada siswa di antaranya pahlawan nasional yang diidolakan dan alasan Sultan Hasanuddin disebut sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.

Setelah Agus menyerahkan hadiah secara simbolis, dia mengatakan sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan anak-anak sekolah, maka Kementerian Sosial memberikan bantuan peralatan sekolah.

"Seluruh hadiah yang telah diberikan oleh Kementerian Sosial RI kepada para siswa, diharapkan anak-anak kita lebih meningkatkan jiwa nasionalismenya dan menghargai jasa-jasa pahlawannya. Itulah alasan kami tadi memberikan pertanyaan kepada siswa untuk lebih memahami dan mengetahui sejarah pahlawan di Indonesia," harap Agus.

Loading...

Usai memberikan hadiah dan sambutan di hadapan para tamu undangan, Agus pun langsung mengunjungi beberapa tersebut makam untuk membacakan doa. Agus yang mendatangi makam tersebut juga didampingi oleh wakil bupati Gowa Abd Rauf Malaganni, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa Syamsuddin Bidol, Putera Mahkota Kerajaan Gowa Andi Kumala Idjo.

Diberitakan sebelumnya, Agus Gumiwang bersama rombongan tiba di kawasan makam tersebut, sekitar pukul 09.30 Wita dan disambut langsung Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni, Wakapolres Gowa Kompol Muhammad Fajri, Dandim 1409 Letkol Arh Nur Subekhi, Putera Kerajaan Gowa Andi Kumala Idjo, juga beberapa pejabat lainnya.

Agus dalam sambutannya mengatakan, dukungannya terhadap revitalisasi tersebut, harus ditingkatkan dan akan menjadi contoh bagi makam yang ada di daerah lain. Menurutnya, Indonesia yang kaya akan pahlawan harus menjadi pelajaran dan kebanggaan bagi generasi selanjutnya.

"Makam-makam di Gowa harus jadi contoh bagi makam yang ada di kabupaten lain. Dengan adanya makam pahlawan di setiap daerah, diharapkan pengetahuan yang utuh dan kebanggaan, bahwa termasuk punya bagian penting dalam perjuangan merebut perjuangan kemerdekaan," katanya.

Loading...
Loading...