Selasa, 16 Juli 2019 14:37 WITA

Rehabilitasi Makam Sultan Hasanuddin Telan Rp4,5 Miliar dari APBN dan APBD

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Nur Hidayat Said
Rehabilitasi Makam Sultan Hasanuddin Telan Rp4,5 Miliar dari APBN dan APBD
Menteri Sosial (Mensos) RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

RAKYATKU.COM, GOWA - Menteri Sosial RI bersama rombongan mengunjungi di Taman Makam Pahlawan Nasional (MPN) Sultan Hasanuddin, Kabupaten Gowa. Ada penyampaian terkait pembangunan dan rehabilitasi makam tersebut.

Komponen pembangunan atau rehabilitasi makam Sultan Hasanuddin berasal dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp2 Miliar yang terdiri atas pekerjaan taman dan parkir, pekerjaan balai pertemuan, tugu batu, baruga, dan gerbang pagar makam.

Selain itu, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Gowa sebesar Rp2,5 miliar untuk pekerjaan historycal lark yang terdiri atas pekerjaan signage, jalan pedistrian, sclupture, gazebo, gapura, dan papan nama.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin mengatakan, Kementerian Sosial ingin mengembangkan sejumlah MPN yang ada di Indonesia untuk dijadikan destinasi ziarah wisata nasional, sehingga MPN tersebut selain mempunyai fungsi layanan ziarah, juga mempunyai fungsi layanan studi dan rekreasi atau wisata.

"Tahun 2018 melalui alokasi dana APBN, Kementerian Sosial melakukan pembangunan atau rehabilitasi MPN Sultan Hasanuddin di Kabupaten Gowa sebagai langkah awal pembentukan destinasi ziarah wisata pada makam pahlawan nasional dengan harapan masyarakat, khususnya generasi muda akan semakin tertarik untuk melakukan ziarah wisata ke makam pahlawan nasional Sultan Hasanuddin," kata Pepen dalam sambutannya, Selasa (16/7/2019).

Loading...

Hal itu tentunya menjadi sebuah keberkahan bagi pemerintah Kabupaten Gowa yang telah mendapatkan bantuan anggaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI untuk menghargai jasa pahlawan nasional yang paling dihormati oleh masyarakat Kabupaten Gowa.

Menteri Sosial (Mensos) RI Agus Gumiwang Kartasasmita bersama rombongan yang tiba di kawasan MPN dalam rangka peresmian renovasi kawasan makam Sultan Hasanuddin.

Agus dalam sambutannya mengatakan, dukungannya terhadap revitalisasi tersebut harus ditingkatkan dan akan menjadi contoh bagi makam yang ada di daerah lain. Menurutnya, Indonesia yang kaya akan pahlawan harus menjadi pelajaran dan kebanggaan bagi generasi selanjutnya.

"Makam di Gowa harus jadi contoh bagi makam yang ada di kabupaten lain yang harus direvitalisasi. Dengan adanya makam pahlawan di setiap daerah, diharapkan pengetahuan yang utuh dan kebanggaan bahwa termasuk punya bagian penting dalam perjuangan merebut perjuangan kemerdekaan," katanya.

Loading...
Loading...