Selasa, 16 Juli 2019 03:30 WITA

Dinamai Wakanda, Spesies Baru yang Ditemukan di Afrika

Editor: Nur Hidayat Said
Dinamai Wakanda, Spesies Baru yang Ditemukan di Afrika
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Peneliti menemukan spesies binatang yang belum dikenali sebelumnya di Tanzania, Afrika. Hewan itu pun diberi nama Wakanda. 

Spesies baru yang dimaksud bukan panther atau macan kumbang hitam seperti di komik. Spesies baru yang dinamai Wakanda itu adalah ikan.

Adalah ikan peri wrasse. Ikan ini tidak memiliki corak warna hitam, melainkan berwarna mencolok dengan ungu cerahnya.

Dilansir Cnet, ikan mungil itu ditemukan di lebih dari 200 kaki di bawah permukaan laut, tepatnya berada di area terumbu karang Zanzibar, Tanzania.

Meski berwarna terang, sisik dari ikan spesies anyar ini mengingatkan peneliti kepada negeri Black Panther ala T'Challa yang tersembunyi. 

Penulis utama studi, Yi-Kai Tea, mengatakan terumbu karang yang terisolasi dan belum pernah dijelajahi jadi alasan penamaan ikan itu.

Loading...

Dinamai Wakanda, Spesies Baru yang Ditemukan di Afrika

Ikan Cirrhilabrus wakanda. (Foto: Courtesy of H.T. Pinheiro and B. Shepherd via zookeys.pensoft.net)

Filosofi itu yang jadi latar belakang ikan wrasse spesies terbaru resmi menyandang nama Vibranium Fairy Wrasse atau Cirrhilabrus Wakanda karena sama-sama tempatnya rahasia dan terisolasi di Afrika.

"Ketika kami memikirkan sifat rahasia dan terisolir dari terumbu karang Afrika yang belum dijelajahi ini, kami tahu kami harus menamai spesies ini dengan Wakanda," ujar Yi-Kai Tea dari University of Sydney.

"Kami mengetahui tentang ikan ini dari Samudera Hindia, tetapi selalu berpikir ada yang hilang di sepanjang tepi timur benua. Ketika saya melihat ikan ungu yang menakjubkan ini, saya langsung tahu bahwa kami sedang berhadapan dengan potongan puzzle yang hilang."

Loading...
Loading...