Senin, 15 Juli 2019 13:59 WITA

Ilmuwan Ungkap Rahasia Ikan Dalam Mengubah Jenis Kelaminnya

Editor: Suriawati
Ilmuwan Ungkap Rahasia Ikan Dalam Mengubah Jenis Kelaminnya
bluehead wrasses

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian baru menemukan bahwa sekitar 500 spesies ikan mengubah jenis kelamin mereka di usia dewasa. Salah satu penyebabnya adalah respons terhadap isyarat lingkungan.

Rahasia ikan yang mengubah jenis kelaminnya telah diungkapkan oleh penelitian kolaborasi antara ilmuwan Selandia Baru dan ahli genetika Universitas La Trobe, Australia.

Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan pendekatan genetik terbaru, untuk mengetahui kapan dan bagaimana gen spesifik dimatikan dan dihidupkan di otak ikan untuk melakukan perubahan jenis kelamin.

Studi ini penting karena memahami bagaimana gen dimatikan dan dihidupkan pada hewan, dan bagaimana lingkungan dapat memengaruhi proses ini.

Temuan ini diterbitkan di jurnal Science Advances.

Loading...

Salah seorang peneliti, Profesor Jenny Graves mengatakan: "Bagaimana jenis kelamin dapat berbalik begitu spektakuler telah menjadi misteri selama beberapa dekade"

Dia mengatakan bahwa ia telah mengikuti spesies bluehead wrasses, yang hidup berkelompok di terumbu karang di Karibia, selama bertahun-tahun.

Untuk ikan ini, jantan ditandai dengan kepala biru. Jika jantan diambil, maka ikan betina terbesar akan berubah menjadi jantan, dan prosesnya hanya memakan waktu 10 hari.

Ikan mengubah perilakunya dalam hitungan menit, warnanya dalam beberapa jam. Indung telurnya menjadi testis dan pada 10 hari itu menghasilkan sperma.

Loading...
Loading...