Sabtu, 13 Juli 2019 20:14 WITA

Monako Kini Punya Jaringan 5G dari Huawei

Editor: Andi Chaerul Fadli
Monako Kini Punya Jaringan 5G dari Huawei

RAKYATKU.COM - Sejumlah pemerintah di negara Barat telah mewaspadai tentang dugaan bahaya perusahaan telekomunikasi raksasa Cina, Huawei untuk terkait jaringan 5G. Meski demikian, Monako tidak terlalu peduli.

Pada 9 Juli lalu, negara kecil di Riveria Prancis itu menjadi negara Eropa pertama yang meluncurkan jaringan 5G buatan Huawei secara nasional, dikutip dari Shanghaiist, Sabtu (13/7/2019).

Huawei adalah pemimpin global dalam teknologi 5G yang sangat cepat dan telah menawarkan layanannya ke negara-negara di seluruh dunia.

Namun, beberapa pemerintah mempertanyakan motif perusahaan China itu, karena khawatir teknologi buatan Huawei dapat memberikan pintu belakang bagi layanan intelijen Beijing.

Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia semuanya telah melarang Huawei menyediakan peralatan untuk jaringan 5G nasional mereka.

loading...

Sementara Washington mungkin khawatir, banyak negara Eropa jauh lebih reseptif terhadap tawaran Huawei, bahkan setelah penangkapan satu karyawan perusahaan atas tuduhan mata-mata di Polandia pada Januari lalu .

Huawei mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan 50 kontrak 5G komersial di luar perbatasan China dengan 28 di antaranya di Eropa.

Swiss, Estonia, dan Finlandia sudah mulai menerapkan teknologi Huawei.

Inggris telah mengatakan bahwa mereka akan menggunakan peralatan perusahaan China pada bagian non-inti dari jaringan 5G dan Jerman juga telah menentang tekanan AS, mengatakan kepada CEO Huawei Ren Zhengfei bahwa perusahaannya harus memenuhi persyaratan keamanan Jerman.

Loading...
Loading...