Sabtu, 13 Juli 2019 04:30 WITA

Tidak Mudah, Ini Rahasia untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Editor: Abu Asyraf
Tidak Mudah, Ini Rahasia untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Awak kabin Citilink sedang melayani penumpang.

RAKYATKU.COM - Potongan harga tiket hingga 50 persen resmi diberlakukan Kamis (11/7/2019). Namun, banyak calon penumpang yang tidak bisa mendapatkannya. Bagaimana caranya?

Sekretaris Menko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengungkapkan penyebab sulitnya calon penumpang mendapatkan tiket murah.

Hasil penelusurannya menemukan bahwa maskapai Citilink tidak memenuhi kuota 30 persen dari total kursi yang dijanjikan. Susiwijono mendapat alasan dari maskapai.

"Ternyata alokasi 30 persen seat dari total kapasitas kalau ngomongin reservasi tiket kan nggak bisa cut off, yang flight yang kemarin tanggal 11 itu kan juga sudah dipesan minggu-minggu sebelumnya," kata dia di kantornya, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Menurutnya, sistem reservasi tiket pesawat ini bisa dibeli dari jauh-jauh hari. Tiket penerbangan Kamis (11/7/2019), misalnya, sudah bisa dibeli sebulan sebelumnya. Sebagian kursi sudah terbeli. Maka kuota tiket murah hanya sedikit. 

"Banyak yang bahkan memang sudah penuh. Terutama pekan ini kan akhir liburan sekolah," jelas dia seperti dikutip dari Detikcom.

Dia menjelaskan, untuk 62 penerbangan Citilink, pada tanggal 11 Juli hanya 34 penerbangan yang bisa mengalokasikan tiket murah. Tiket murah penerbangan lainnya sudah dipesan jauh-jauh hari. Dari 34 itu, hanya 411 seat yang berlaku diskon 50 persen.

Cara Dapat Tiket Murah

Untuk mendapatkan tiket pesawat murah, calon penumpang mesti memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Lihat Hari dan Waktu Berlaku

Harga tiket Citilink dan Lion Air yang mendapat diskon 50 persen dari tarif batas atas yang ditentukan pemerintah hanya berlaku tiga hari dalam sepekan, yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Loading...

Waktunya hanya empat jam, yakni antara pukul 10.00 hingga 14.00. Artinya, bila Anda memesan tiket pada hari dan jam tersebut, besar peluang mendapatkan tiket murah.

2. Diskon Hanya untuk 30 Persen Kursi

Sebanyak 11.626 kursi maskapai, yakni 3.348 dari 62 rute Citilink dan 8.726 dari 146 rute dari Lion Air yang diturunkan harganya. Dari jumlah itu, hanya 30 persen yang mendapat diskon 50 persen.

3. Pesan Jauh Hari 

Seperti biasa, semakin dekat dengan hari penerbangan, harga tiket makin mahal. Makanya, calon penumpang harus memesan tiket jauh-jauh hari.

4. Perhatikan Waktu Seat Control

Di dunia agen perjalanan, pukul 11.00 terkenal sebagai waktu maskapai melakukan seat control. Ini adalah saat maskapai melakukan pembatalan reservasi, bagi tiket yang sudah dipesan tetapi tidak dibayar. 

Jadi ada beberapa tiket yang sudah dibatalkan, biasanya keluar kembali pukul 11.00. 

5. Manfaatkan Tiket Promo 

Cara lain mendapatkan tiket murah adalah memanfaatkan tiket promo yang disediakan OTA dan bank. Pastikan Anda mengecek promo tiket terlebih dahulu sebelum memesan.
 

Loading...
Loading...