Kamis, 11 Juli 2019 23:00 WITA

Cerita Andi Sitti, Jamaah Calon Haji asal Bone dengan Usia 101 Tahun

Penulis: Herman
Editor: Adil Patawai Anar
Cerita Andi Sitti, Jamaah Calon Haji asal Bone dengan Usia 101 Tahun

RAKYATKU.COM. BONE - Dari ribuan Jamaah Calon Haji di Sulawesi Selatan ada 1 jamaah yang paling tua dengan usia 101 tahun.

Dia adalah Andi Sitti Ammase, warga Dusun 2 Lompoe Desa Lanca, Kecamatan Tellu Siattingnge, Kabupaten Bone. Saat ditemui di rumahnya Andi Sitti Ammase terlihat sudah sangat tua namun sampai saat ini masih terlihat sehat bugar.

Wanita kelahiran 1 Juli 1917 ini terlihat masih mampu berjalan dengan normal tanpa bantuan tongkat, bahkan diapun tidak pikun sama sekali, dia masih mengingat masa masa lalunya saat dia masih berada di dunia bisnis.

Saat ditemui di rumahnya dia mengatakan tips untuk bisa berusia panjang seperti dirinya, perbanyak kebaikan sama orang dan jangan jadi pendendam.

"Ini kehendak Allah nak sampai saya masih hidup, Dulu saya itu sering dijahati sama orang lain tapi saya tidak pernah mau balas, jangan sekali kali berbuat jahat sama orang lain itu kuncinya," katanya (dalam bahasa bugis).

Waktu dia menjual pakaian keliling kota, banyak sekali pelanggannya yang belum membayar sampai sekarang dan semua itu sudah diikhlaskan, dan dirinya pun tidak pernah dendam kepada siapapun.

Loading...

Sementara menantunya Andi Nurhayati mengatakan, suaminya dan mertuanya ini telah mendaftar haji sejak 2014 lalu. Namun karena melihat usianya sudah lansia maka dia masuk kategori yang sudah bisa berangkat tahun ini.

"Awalnya kami mendaftar 3 orang pada 2014,tapi karena usia mertua saya sudah sangat tua maka dia sudah bisa berangkat tapi dengan catatan harus ada pendamping, makanya beliau berangkat tahun ini bersama suami saya, sementara saya belum," ujar Andi Nurhayati.

Saat melakukan pendaftaran pada waktu itu, mertua saya belum mengetahui kalau dirinya juga didaftarkan oleh anaknya, dia baru diberi tahu setelah mendekati pemberangkatan.

"Alhamdulilah semua tahap beliau sudah lalui termasuk pemeriksa kesehatannya juga sudah selesai semua begitupun dengan paspornya, Insya Allah beliau berangkat kloter 2 Bone atau kloter 36 Makassar)," tambahnya.

Andi Sitti Ammase saat ditanya soal perasaannya berangkat ke tanah suci, dia mengatakan merasa sangat bersyukur dapat diberikan kesempatan berangkat menjalankan ibadah haji. Dirinya tidak berhenti berdoa semoga dalam perjalanan hingga kembali diberi kesehatan dan bertemu kembali dengan keluarga.
 

Loading...
Loading...