Rabu, 10 Juli 2019 17:23 WITA

Raih Suara Terbanyak Kedua, Dosen Unhas Lolos KPI Pusat

Editor: Abu Asyraf
Raih Suara Terbanyak Kedua, Dosen Unhas Lolos KPI Pusat
Aswar Hasan

RAKYATKU.COM - Satu lagi putra Makassar berkiprah di pusat. Dosen Universitas Hasanuddin Makassar, Dr Aswar Hasan terpilih sebagai komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat periode 2019-2022.

Dalam pemilihan melalui voting yang digelar Komisi I DPR RI, Aswar Hasan yang juga ketua Komisi Informasi Provinsi Sulsel meraih suara terbanyak kedua, 47.

Suara tertinggi diraih akademisi asal Universitas Diponegoro Semarang, Mulyo Hadi Purnomo dan petahana, Nuning Rodiyah. Keduanya sama-sama mengantongi 49 suara.

Selain Nuning Rodiyah, tiga petahana lainnya terpilih kembali. Mereka adalah Yuliandre Darwis, Hardly Stefano Fenelon Pariela, dan Agung Suprio. Yuliandre adalah ketua KPI periode sebelumnya.

Sementara tiga petahana lainnya yang kembali ikut seleksi, gagal. Mereka adalah Mayong Suryo Laksono (9 suara), Dewi Setyarini (7), dan Ubaidillah (24).

Sebelum menggelar voting, Komisi I DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap 34 calon anggota KPI. Fit and proper test digelar di ruang Komisi I Gedung DPR, Jakarta selama tiga hari, sejak Senin (8/7/2019).

Raih Suara Terbanyak Kedua, Dosen Unhas Lolos KPI Pusat

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan mendalami tiga hal dari setiap calon anggota, yakni integritas, kompetensi, dan wawasan.

Loading...

Menurut Kharis, KPI sebagai pengawas konten siaran, terutama televisi dan radio, tidak boleh menjadi perpanjangan tangan pemilik dan pengelola media.

"Saya harapkan calon anggota KPI yang nantinya terpilih, akan lebih baik dari anggota KPI periode sebelumnya," katanya.

Kharis mengakui, sebelum melakukan uji kelayakan dan kepatutan, Komisi I DPR juga sudah menyerap masukan dari publik terhadap nama-nama calon anggota KPI.

"Namanya pandangan publik, tentu bermacam-macam. Ada yang menyebut saklek dan ada yang menyebut kurang tegas. Kita tidak bisa langsung menyimpulkan," katanya.

Hasil Pemungutan Suara Calon Komisioner KPI Pusat periode 2019-2022

1. Mulyo Hadi Purnomo 49 suara
2. Nuning Rodiyah 49
3. Aswar Hasan 47
4. Agung Suprio 44
5. Yuliandre Darwis 43
6. Hardly Stefano FP 42
7. Irsal Ambia 41
8. Mimah Susanti 33
9. Mohamad Reza 29

Loading...
Loading...