Senin, 08 Juli 2019 17:20 WITA

Tukar Pesawat di Detik Terakhir, Pesawat Jatuh Jelang Mendarat

Editor: Aswad Syam
Tukar Pesawat di Detik Terakhir, Pesawat Jatuh Jelang Mendarat
Rachel Whitford

RAKYATKU.COM, AUSTRALIA - Sabtu, 6 Juli 2019. Peter Thompson asal Leigh Creek Caravan Park, mendengar deru suara pesawat. Dia menengadah ke langit. Dia melihat pesawat terguling-guling di langit biru.

Peter menilai pesawat tersebut berakrobatik. Dia menikmati pesawat tersebut terbolak-balik. “Aku lebih tertarik daripada biasanya karena dia kelihatan tidak biasa. Dia muncul untuk berbalik dan kembali lalu berbalik lagi. Saya tidak tahu apakah dia dalam masalah atau tidak - tetapi saya memiliki perasaan lucu," katanya kepada The Advertiser.

"Pesawat-pesawat biasanya datang langsung melewati taman menuju landasan pacu," katanya.

Peter kemudian bergerak maju untuk melacaknya, namun pesawat tersebut menghilang begitu saja. Ternyata saat itu, pesawat telah jatuh membentur tanah. Hancur berkeping-keping. 

Pilot dan pemilik peternakan pejantan Peter Gesler (59), dan penumpang Rachel Whitford (48), tewas dalam kecelakaan tersebut. Mereka menaiki Pesawat Brumby 610 dan jatuh di utara Leigh Creek, di pedalaman Australia Selatan. 

Rachel adalah seorang ibu dari lima anak dan pensiunan polisi. Dia membuat keputusan menit terakhir yang tragis untuk menukar pesawat, dan tewas dalam kecelakaan fatal. 

Duo dari Queensland itu berada di salah satu dari dua pesawat untuk ekspedisi tamasya, yang lepas landas dari William Creek sekitar jam 4 sore, terbang di atas Danau Eyre dan kembali ke William Creek untuk mengisi bahan bakar.

Pesawat sedang dalam perjalanan ke Leigh Creek, tetapi jatuh ketika mendekati bandara, tepat sebelum 18:30.

Suami Ms Whitford mengatakan pada Seven News, bahwa mantan petugas kepolisian bepergian dengan pesawat lain sebelum memutuskan untuk bertukar pada detik terakhir. 

Tukar Pesawat di Detik Terakhir, Pesawat Jatuh Jelang Mendarat

Takdir tak bisa ditolak, wanita Brisbane itu tidak akan kembali untuk membesarkan lima anak mereka, karena keputusan menit terakhir yang tragis.     
Penyelidik dari Recreational Aviation Australia berada di lokasi kecelakaan, 560km utara Adelaide, pada hari Senin.

Loading...

Zona eksklusi udara sementara berada di tempat dengan radius 1 km dan langit-langit 1.000 kaki hingga pukul 3.30 sore pada hari Senin.

Penyelidik diharapkan mempertimbangkan cahaya yang buruk sebagai faktor dalam kecelakaan itu.  

Chief Executive Variety Bash Queensland Steve Wakerley memberikan penghormatan kepada Ms Whitford di Facebook.

"Rachel adalah teman baik bagi banyak dari kita," katanya.

Dia mengabdikan hidupnya untuk membantu kaum muda melalui pekerjaannya dengan Variety, Asosiasi Kesejahteraan Pemuda Kepolisian Queensland dan Dinas Kepolisian Queensland, kata kantor pos itu.

"Pikiran kami ditujukan kepada anak-anaknya, keluarga dan teman-temannya, bersama dengan PCYC dan rekan-rekan polisi."

Gesler, dari Donell Park, adalah anggota Asosiasi Pemotongan Kuda Nasional yang sangat dihormati, kata halaman Facebook NCHA.

"Dampaknya Peter pada olahraga Campdraft dan Cutting sangat besar," kata mereka.

"Dengan istri Debbie, Donell Park Stud telah menghasilkan beberapa kuda paling legendaris di kedua cabang olahraga, warisan yang akan hidup terus selama beberapa generasi."

Polisi SA juga menyelidiki kecelakaan itu dan sebuah laporan akan disiapkan untuk koroner.

Loading...
Loading...