Kamis, 04 Juli 2019 19:01 WITA

Demi Bantu Ibu, Pemuda Ditangkap usai Curi Motor di 30 TKP

Penulis: M. Qadri
Editor: Nur Hidayat Said
Demi Bantu Ibu, Pemuda Ditangkap usai Curi Motor di 30 TKP
Kedua pelaku pencurian motor.

RAKYATKU.COM, PALU - Sentot Adi Purnomo alias Sentot (22) warga Jalan Bali, Kota Palu, Sulawesi Tengah nekat melakukan aksi kejahatan berupa pencurian kendaraan bermotor untuk membantu kebutuhan ibunya.

Sentot ditangkap bersama rekannya usai melakukan pencurian motor di 30 tempat kejadian perkara (TKP).

Sentot dikeluarkan dari jeruji besi dengan menggunakan alat bantu jalan atau tongkat bersama Rizal alias Ijal (22) untuk melakukan konfrensi pers di Mako Polres pada Kamis (4/7/2019). Kedua pelaku diperhadapkan kepada wartawan dan tujuh unit sepeda motor hasil pencuriannya.

Dari pengakuan Sentot, ia mencuri untuk membantu ibunya di rumah. "Saya hanya kerja dibengkel, tidak cukup untuk membiayai kebutuhan mamaku di rumah," kata Sentot saat digiring personel Reskrim Unit Buser Polres Palu.

Dia pun berharap, dengan cara mencuri motor kemudian dijual kembali ke sejumlah daerah, bisa meringankan beban ibunya sebagai kepala keluarga.

Loading...

"Menyesal sekali saya, tidak sesuai dengan yang diharapkan, kasih saya kesempatan minta maaf sama mamaku," ucap Sentot sambil mengeluarkan air mata.

Petugas kepolisian mengatakan bahwa pelaku berjumlah empat orang, dua orang sudah ditangkap dan duanya lagi masih pencarian oleh petugas lapangan. Pelaku melakukan pencurian di 30 TKP, namun baru 7 unit motor yang sudah bisa diamankan.

"Pelaku sangat licik, dari kedua pelaku, Rizal adalah residivis kasus curanmor yang ditangkap tahun 2017. Hasil pemeriksaan sementara, pelaku mencuri motor kemudian ditukar dengan narkoba jenis sabu dan menjual ke sejumlah daerah dengan harga bervariasi," tutur KBO Reskrim Polres Palu Ipda Rislan.

Menurutnya, pengembangan terus dilakukan dan berusaha agar semua sepeda motor hasil pencurian bisa terkumpul. Dari perbuatan pelaku, keduanya dikenakan pasal 363 dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun.

Loading...
Loading...