Kamis, 04 Juli 2019 08:57 WITA

Orang-Orang Lompat ke Laut untuk Menghindari Letusan Gunung Berapi

Editor: Suriawati
Orang-Orang Lompat ke Laut untuk Menghindari Letusan Gunung Berapi
Asap mengepul dari gunung berapi di pulau Stromboli Italia pada hari Rabu. (AP)

RAKUAYKU.COM - Satu orang tewas dan puluhan lainnya melemparkan diri mereka ke laut ketika gunung berapi di pulau Stromboli, Sisilia Italia, meledak pada hari Rabu (03/07/2019).

Kantor berita Italia ANSA melaporkan bahwa korban tewas bernama Massimo Imbesi, 35 tahun dari Milazzo. Seorang teman dari Brasil yang bersamanya terluka parah.

Gunung berapi itu diketahui aktif. Dua ledakan yang dilaporkan oleh Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi Italia sangat kuat, dan mengirimkan abu dan bara hujan di tempat wisata.

"Rasanya seperti berada di neraka karena hujan api yang datang dari langit," kata pastor Giovanni Longo, dilansir Agence France-Presse.

Menurut laporan, ledakan itu didahului oleh tumpahan lava dari semua mulut kawah, sehingga mendorong asap tebal putih setinggi 6.000 kaki.

Ketika batuan cair mengalir dari kawah, setidaknya 30 wisatawan melemparkan diri ke lautan untuk menyelamatkan diri. Sementara orang yang berada di dalam rumah, tetap mengunci diri mereka.

Loading...

Sekitar 70 orang telah dievakuasi dari dusun Ginostra di Stromboli.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api yang dipicu oleh ledakan di berbagai daerah di pulau itu.

Gunung berapi Stromboli, yang memiliki nama yang sama dengan pulau yang didudukinya, adalah salah satu dari tiga gunung berapi aktif utama di Italia. Dua lainnya adalah Etna di Sisilia dan Vesuvius dekat Naples.

Stromboli menjadi terkenal dalam film 1950 yang dibuat oleh Roberto Rosselini, dibintangi oleh Ingrid Bergman. Itu telah menjadi tujuan wisata populer, di mana ribuan pengunjung mengunjunginya setiap tahun.

Loading...
Loading...