Rabu, 03 Juli 2019 13:25 WITA

Tolak Gabung PAN, Sandiaga Kembali ke Gerindra?

Editor: Abu Asyraf
Tolak Gabung PAN, Sandiaga Kembali ke Gerindra?
Sandiaga Uno makan bersama elite PAN.

RAKYATKU.COM,JAKARTA - Harapan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk menggaet Sandiaga Salahuddin Uno tampaknya gagal jadi kenyataan. Mengapa Sandi menolak bergabung?

Pada masa kampanye Pilpres 2019, PAN mencoba memanfaatkan pesona Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam beberapa kali kesempatan partai berlambang matahari terbit itu mengajak Sandi.

Tujuannya dua, selain sosialisasi capres-cawapres usungan, juga diharapkan mendongkrak elektabilitas PAN. Sandi sempat disebut-sebut akan bergabung ke PAN setelah mundur dari Partai Gerindra jelang berpasangan Prabowo.

Namun, hasil pemilu 2019 ternyata bertolak belakang. Bukannya naik, elektabilitas PAN justru merosot dan dipastikan kehilangan jatah pimpinan DPR RI.

Penolakan Sandiaga Uno untuk bergabung dengan PAN diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Saleh Partaonan Daulay. Sandi beralasan ingin rehat sejenak dari aktivitas politik.

"Jika ingin kembali ke jalur politik, PAN juga akan siap berkolaborasi dan bersinergi. Bagaimanapun, Sandi sudah sangat dekat dengan beberapa partai pendukungnya, terutama PAN di pilpres kemarin," kata Saleh seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (3/7/2019).

Saleh mengatakan, semua pihak harus menghargai pilihan Sandiaga Uno. Apalagi, pilihan Sandi itu diambil untuk menekuni program yang dijanjikannya dalam kampanye. 

loading...

"Itu juga pilihan yang sangat baik. Biasanya, kalau sudah kalah, ada yang berdiam diri dulu. Merenung dan melakukan refleksi. Ini kan tidak. Ini malah langsung berniat kerja dan membantu masyarakat," ujarnya.

Saleh berharap program OK OCE dan Rumah Siap Kerja yang ditekuni Sandiaga dapat mengimbangi apa yang dijanjikan oleh presiden terpilih Joko Widodo. 

"Semoga saja program ini dapat mengimbangi apa yang dijanjikan Presiden Jokowi. Kita akan lihat nanti mana yang lebih efektif. Kan tidak ada salahnya kalau membandingkan," tuturnya. 

Usai perhelatan Pilpres 2019, Sandiaga memang mengaku ingin kembali fokus mengintensifkan program ekonomi kerakyatan di Indonesia melalui program OK OCE dan Rumah Siap Kerja.

"Saya ingin jeda politik dulu. Kita soft landing. Kalau ibu-ibu kan maunya OK OCE. Saya ingin jeda dulu dari berpolitik dan berpartai," kata Sandiaga.
 

Loading...
Loading...