Rabu, 03 Juli 2019 02:30 WITA

Penipu India Curi Uang Rp30,7 Miliar, Caranya Mencatut Nama Bill Gates

Editor: Fathul Khair Akmal
Penipu India Curi Uang Rp30,7 Miliar, Caranya Mencatut Nama Bill Gates
Bill Gates

RAKYATKU.COM - Dengan cara mencatut nama Bill Gates, komplotan penipu di India melakukan penipuan massal. Total uang yang mereka curi mencapai 150 juta rupee atau Rp 30,7 miliar (1 rupee = Rp204).

Penipuan ini terjadi di dunia maya, yakni berupa penipuan uang kripto. Korban terbuai untuk berinvestasi di situs tipu-tipu seperti bet2bet dan Monivo.

Pihak kepolisian menyebut para investor dijanjikan bisa meraup keuntungan besar tetapi tidak mendapat apa-apa. Situs Monivo juga diketahui menampilkan kutipan dari miliuner Bill Gates, Richard, Branson, dan Eric Schmidt.

Kutipan itu sebenarnya asli, tetapi tampilannya membuat seakan para miliarder member endorsement ke perusahaan pelaku penipuan. Tindakan itu diyakini untuk memengaruhi persepsi para korban agar mau berinvestasi.

Loading...

Dalam kasus ini, pasukan anti-teroris India sampai turun tantang. Lantaran, masih ada kemungkinan aktivitas terorisme dalam kasus ini.

Sejauh ini, pasukan anti-teroris India sudah menahan empat tersangka, dikutip dari merdeka.com. Satu orang diciduk di Jaipur, dua orang dijebak di New Delhi, dan satu lagi d Dehradun.

Bill Gates sebetulnya anti terhadap uang kripto seperti bitcoin. Sama seperti Warren Buffett, Bill Gates memandang bitcoin sebagai tindakan spekulatif.

Loading...
Loading...