Rabu, 03 Agustus 2016 17:46 WITA

Ribuan Ikan di Pinrang Mati Mendadak

Penulis: Suardi Digat
Editor: Vkar Sammana
Ribuan Ikan di Pinrang Mati Mendadak

RAKYATKU.COM, PINRANG - Ribuan Ikan karapu yang dibudidayakan mati mendadak. Ikan tersebut dibudidayakan oleh kelompok Keramba Jaring Apung (KJA)  di Perairan Sulawesi, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang

Ketua Kelompok Keramba Jaring Apung Makkaritutu, Kecamatan Suppa, Paharuddin mengatakan, pihak kelompok keramba tidak tahu menahu dengan kematian mendadak  ikan yang dibudidayakan tersebut.

Ikan jenis karapu yang dibudidayakan kata dia, sudah memasuki masa panen dan hendak di ekspor ke Hongkong karena pembeli di Negera itu sudah menunggu. "Belum sempat dipanen, ikan tersebut mati dalam jumlah yang banyak," kata Paharuddin saat dihubungi, Rabu (3/8/2016).

Dia mengatakan, untuk perkilo ikan karapu yang dibudidayakan itu seharga Rp120 ribu, dan dengan kejadian ini, kelompoknya merugi hingga ratusan juta rupiah. "Kalau ditaksir Kami rugi sekitar Rp500 juta."

loading...

Tim Dinas kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan, Basri mengatakan, dari hasil penelitian yang dilakukan, ribuan ikan yang mati mendadak dalam keramba itu bukan karena disebabkan bakteri atau penyakit. "Dugaan awal, kematian ikan itu kemungkinan karena faktor lingkungan," terang Basri.

Namun kata dia, pihaknya masih melakukan penelitian terhadap kandungan air di lokasi KJA Labili Bili Kecamatan suppa untuk mengungkap penyebab kematian ikan tersebut

Tags
Loading...
Loading...