Senin, 01 Juli 2019 16:40 WITA

Jadi Kado HUT Lantamal VI, Begini Isi Naval Museum

Editor: Abu Asyraf
Jadi Kado HUT Lantamal VI, Begini Isi Naval Museum
Sejumlah murid SD saat berada di Naval Museum Lantamal VI Makassar, Senin (1/7/2019).

RAKYATKU.COM - Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) dapat kado indah pada hari ulang tahun ke-69, Senin (1/7/2019).

Kado itu bernama Naval Museum. Museum itu diresmikan langsung Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, SH, M Tr (Han).

Ketua panitia, Kolonel Laut (T) Dimi Trisakti, SAk, menyampaikan bahwa Naval Museum Lantamal VI merupakan hasil dari buah pikiran Danlantamal VI.  

Museum sejarah ini berisi sejarah berdirinya Lantamal VI di Makassar dan barang-barang sejarah serta para pahlawan TNI Angkatan Laut yang telah gugur dalam mencapai Indonesia Merdeka.

"Diharapkan museum ini dapat memberikan kontribusi positif mengenai sejarah tentang TNI Angkatan Laut dan kebaharian yang bisa menjadi sarana edukasi bagi personel Lantamal VI serta masyarakat umum dan generasi muda untuk mencintai laut dan memberdayakan sumber daya alamnya," tambah Kolonel Laut Dimi.

Kepala Naval Museum, Mayor Marinir Djajat Sudrajat mengatakan, museum ini bisa menjadi referensi baru pembelajaran tentang sejarah masuknya TNI Angkatan Laut di Kota Makassar.

Loading...

Jadi Kado HUT Lantamal VI, Begini Isi Naval Museum

"Di sini para pengunjung akan dapat melihat berbagai macam barang-barang sejarah milik TNI AL yang dipajang serta berbagai macam kisah tentang berdirinya TNI AL di Kota Makassar. Juga kisah para pahlawan kusuma bangsa yang rela mengorbankan dirinya untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari serangan penjajah," ujarnya.

Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, SH, MTr (Han) menyampaikan, Naval Museum ini sebagai persembahan kepada masyarakat Makassar sebagai salah satu aset yang dapat digunakan dalam membangun karakter bangsa khususnya generasi muda agar tidak kehilangan jejak dalam menemukan jati diri sebagai bangsa maritim Indonesia.

Di Museum ini juga terdapat teater mini tempat untuk menonton film tentang seorang patriot bangsa yaitu Komodor Yos Sudarso yang terkenal dengan pertempuran Laut Arafuru-nya.

Loading...
Loading...